KESEHATAN, jurnalisbengkulu.com РTeh telur, mungkin masih asing terdengar di telinga sebagian orang,  minuman ini seringkali menjadi teman di malam hari, bersama teman, keluarga maupun kerabat. Pada dasarnya, teh telur adalah teh yang diracik secara manual dicampur dengan kuning telur ayam kampung atau bebek.

Teh telur bisa ditemukan di warung-warung tradisional maupun restoran yang bernuansa tongkrongan. Selain mudah cara membuatnya, teh telur juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat teh telur diantaranya, yakni :

1. Meningkatkan Stamina Pada Pria Dewasa

Ramuan teh telur ini merupakan salah satu minuman yang bermanfaat bagi orang yang sudah berumah tangga. Manfaatnya yakni untuk meningkatkan stamina pada pria dewasa sebelum melakukan hubungan suami istri.

2. Menambah Tenaga

Campuran teh, telur dan susu dalam teh telur memiliki berbagai kandungan yang sangat besar. Perpaduan ini dapat berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan tenaga bagi orang yang melakukan banyak aktivitas dan pekerjaan berat.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Selain untuk menjaga stamina, meminum teh telur dapat menjaga kesehatan mata agar terhindar dari kerusakan mata. Dalam teh telur terdapat kandungan zat karotenoid, dimana zat ini merupakan zat yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan mata.

4. Memenuhi Kebutuhan Asupan Vitamin Tubuh

Teh telur mengandung telur di dalamnya karena merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat minuman campuran tersebut. Kuning telur yang ada dalam teh telur atau teh talua, memiliki berbagai kandungan vitamin mulai dari vitamin A, D, E dan vitamin K.

5. Menunda Rasa Lapar

Beberapa campuran yang terdapat dalam teh telur, membuat teh telur memiliki berbagai kandungan salah satunya yakni protein. Seperti fungsi protein pada umumnya, protein dapat menekan rasa lapar karena protein dapat memberikan rasa kenyang sehingga dapat menunda lapar.

“Sudah hampir lima tahun saya rutin minum teh telur apalagi malam libur saya seringkali mengajak atau diajak teman-teman nongkrong sambil berdiskusi,” ujar¬† Jiunk salah satu penikmat teh telur saat nongkrong di warung sudut kota Bengkulu.

Teh telur ini mempunyai ciri khas dan uniknya lagi pembuatannya dengan cara mengocok kuning telur bercampur gula pasir sedikit di dalam gelas memakai lidi daun kelapa berukuran 15 cm selama 15 menit sampai kuning telur itu berbusa kemudian setelah itu diseduh air mendidih disaring dengan teh bubuk.

Secara sekilas minuman ini mirip teh dengan teh tarik atau capucino, biasanya ketika minuman ini disajikan, bentuk sajiannya memakai gelas kecil dan dialas dengan piring kecil yang disampingnya diberi potongan jeruk nipis sebagai penambah kesegaran teh telur itu sendiri. Selain itu, sendok alumunium kecil juga diletakkan disamping gelas untuk mengaduk teh telur.

Teh telur pada umumnya seringkali dikonsumsi oleh kaum adam, namun bukan bearti tidak bisa dinikmati kaum hawa, teh telur bisa dinikmati oleh semua orang baik anak muda, tua, wanita maupun pria, tetapi bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi, diaarankan jangan terlalu banyak mengkonsumsi terlalu banyak atau sering. (red/manfaat.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here