Musi Rawas, jurnalisbengkulu.com – Pengurus Forum Ormas Mura Sempurna (FOMS) Kabupaten Musi Rawas, resmi dikukuhkan oleh Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan di Pendopoan Kabupaten Musi Rawas, Jumat (17/1/2020).

Kepala Kesbangpol Kabupaten Musi Rawas, H. Amra Muslimin menjelaskan, forum ini telah diawali sejak 2017 lalu, namun kepengurusan tidak berjalan maksimal karena beberapa pengurus inti terkendala dalam menjalankan roda organisasi.

“Tapi alhamdulillah, saat ini beberapa pengurus lama dan keanggotaan baru sepakat untuk membentuk foms. Kami dari Pemkab Musi Rawas pun, memberikan fasilitas agar forum ini aktif kembali. Perlu diketahui, dari 70 ormas yang terdaftar sebelum foms terbentuk, saat ini hanya 26 ormas yang tervalidasi. Bangganya, forum seperti ini adalah yang pertama di Provinsi Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Provinsi Sumsel, H Bakhnir Rasyid mengaku, pihaknya akan menjadikan foms ini sebagai contoh untuk daerah lain, agar ormas-ormas dapat terorganisir.

“Kalau di Kesbangpol Provinsi Sumsel, cukup banyak ormas yang terdata, yakni 785 ormas. Namun, dari kegiatan hari ini bahwa ini harus dijadikan role model agar daerah lain juga membentuk forum ormas seperti ini,” ujarnya.

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan mengaku, pihaknya sangat bangga atas terbentuknya forum ini, sebab ini membuktikan bahwa di Kabupaten Musi Rawas dapat menyatukan berbagai kalangan yang berbeda-beda organisasi.

“Ini kebanggaan kita, sebab forum ini diisi seluruh pengurus ormas yang ada di Musi Rawas. Meski berbeda-beda warna, berbeda tujuan dan pemikiran. Namun, bisa berkumpul dalam satu wadah. Yang terpenting, kami harapkan kedepan foms bisa memberikan peran dalam pembangunan Kabupaten Musi Rawas kedepan,” ujarnya.

Ketua Foms Kabupaten Musi Rawas, Parmi menjelaskan, kehadiran foms semoga saja bisa menjadi kontrol sosial yang baik demi pembangunan daerah. Selain juga, foms bisa menjadi wadah silaturahmi seluruh rekan-rekan pengurus ormas.

“Kita telah menyusun berbagai program yang dibagi di sejumlah komisi organisasi. Nanti rekan-rekan pengurus memiliki perannya masing-masing dalam menjalankan roda organisasi,” pungkasnya. (Herdianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here