Bawaslu Terus Lakukan Pengawasan Tahapan Pilkada 2020

Kaur, jurnalisbengkulu.com – Guna mensukseskan tahapan Pilkada tahun 2020 agar berjalan bersih dan damai, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kaur terus lakukan Pengawasan baik tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

Ketua Bawaslu Kaur Toni Kuswoyo, S. Sos melalui anggotanya Oyon Zupra, M. Tpd mengatakan seluruh tahapan Pilkada tahun ini terus diawasi sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) terkait pelaksanaan di tengah pendemi covid-19.

“Ya, kegiatan KPU ini saja kita awasi, sesuai tahapan PKPU, ” kata Oyon Zupra devisi PHAL.

Oyon menegaskan, tidak ada alasan bagi pengawas pemilu baik di tingkat Kecamatan (panwascam) dan Desa (PPDK) tidak melakukan tugasnya dengan baik setelah terbitnya PKPU terbaru.

“Tak hanya itu, ASN, TNI dan Polri juga kita awasi, di Media sosial juga, bagaimana bentuk dari ke netralitasan mereka, ” terang Anggota Komisioner Bawaslu Kaur Oyon Zupra saat usai mengikuti bimtek Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati di K-Hotel, (03/08).

Lanjutnya, pengawas pemilu juga harus mengawasi hal-hal yang bersifat non-elektoral berupa memastikan protokol kesehatan covid-19 dipakai para petugas KPU ketika melakukan tahapan.

“Ya, karena itu protokol covid-19 menjadi bagian dari regulasi, maka juga menjadi bagian yang harus diawasi, contoh saat coklit di lapangan itu harus mengunakan APD (alat pelindung diri), ” papar Lulusan IAIN Bengkulu tersebut. (ers)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here