Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Untuk Antisipasi Corona

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan salah satunya yakni dapat membuat tubuh menjadi rileks. Bagi pemeluk agama Islam, sholat merupakan kegiatan wajib dilaksanakan sebanyak 5 waktu dalam sehari.

Terlepas dari kewajiban dan pendekatan diri dengan Sang Pencipta, sholat juga dapat menjaga kesehatan tubuh seseorang. Manfaat gerakan sholat penting untuk diketahui umat islam.

Gerakan Takbiratul Ihram
Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan yang pertama bisa didapatkan dari gerakan takbiratul ihram. Gerakan takbiratul ihram merupakan gerakan pertama dalam sholat.

Gerakan tubuh ketika takbiratul ihram yakni mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, kemudian melipat kedua tangan dibagian perut atau bagian bawah dada. Manfaat gerakan takbiratul ihram bagi kesehatan, dapat melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan.

Pada saat gerakan takbiratul ihram, otot diafragma juga akan terlatih. Hal ini merupakan sinergisme yang berdampak positif terhadap fungsi-fungsi fisiologis tubuh seperti fungsi otak, otot, organ tubuh, dan bagian tubuh lainnya.

Kalimat “Allahuakbar” yang diucapkan ketika mengangkat kedua tangan bisa melapangkan sistem pernapasan dan mengontrol denyut jantung. Manfaat gerakan sholat pada saat takbiratul ihram memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pernapasan tubuh.

Manfaat Gerakan Berdiri Setelah Takbiratul Ihram
Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan selanjutnya bisa didapatkan dari gerakan berdiri yang dilakukan setelah takbiratul ihram. Pada saat berdiri, telapak kaki akan menjadi tumpuan berat badan. Berat badan yang menumpu di telapak kaki bisa merangsang titik-titik akupuntur pada telapak kaki. Hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan organ-organ dalam tubuh.

Selain itu, gerakan berdiri dalam sholat juga bisa membuat kompaksitas susunan tulang-tulang penyangga tubuh menjadi rata.Manfaat gerakan sholat pada saat berdiri ini bisa menurunkan risiko terjadinya patah tulang dengan mudah. Selain itu, posisi kaki yang terbuka selebar jarak antara kedua bahu dengan tumit mengarah ke luar saat gerakan berdiri tersebut dapat mencegah terjadinya kaki terkilir atau keseleo.

Manfaat Gerakan Rukuk
Dalam gerakan rukuk, anda juga bisa merasakan manfaat gerakan sholat bagi kesehatan. Gerakan rukuk harus dilakukan secara sempurna. Gerakan rukuk yang sempurna nampak pada tulang belakang yang terlihat relatif lurus.

Apabila anda melakukan gerakan rukuk secara sempurna anda dapat merasakan gerakan sholat bagi kesehatan anda, khususnya mendapatkan manfaat dari gerakan rukuk tersebut. Manfaat gerakan sholat pada saat rukuk sangat baik untuk otot dan tulang.

Gerakan rukuk yang sempurna memiliki tanda, yakni adanya sensasi tarikan pada tulang punggung, yang dapat mengurangi kompresi antar ruas tulang belakang dan merelaksasi otot-otot punggung yang sebelumnya terasa tegang.

Manfaat Gerakan i’tidal
Manfaat gerakan sholat selanjutnya untuk kesehatan bisa didapatkan dari gerakan i’tidal Gerakan i’tidak merupakan gerakan mengangkat kedua telapak tangan setelah melakukan gerakan rukuk, dan kemudian melakukan gerakan sujud.

Gerakan berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

Lakukanlah tuma’ninah setelah selesai melakukan rukuk. Tuma’ninah adalah jeda waktu antara selesainya bacaan yang ada pada gerakan shalat tertentu. Jika anda melakuklan tuma’ninah dan tidak melakukan gerakan sholat secara terburu-buru, anda akan merasakan banyak manfaat gerakan sholat bagi kesehatan anda.

Manfaat Gerakan Sujud
Gerakan sujud merupakan gerakan sholat selanjutnya yang bisa manfaatnya bisa dirasakan untuk kesehatan. Selain itu, gerakan sujud merupakan simbol dari pengakuan bahwa manusia hanyalah seorang hamba Allah dan menunjukkan tunduknya seorang hamba pada penciptaNya, yaitu Allah subhanahu wa ta’ala.

Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan satu ini, dapat mempermudah aliran darah yang kaya oksigen ke otak.

Gerakan Sujud akan menghasilkan posisi kepala yang sama rata dengan posisi kaki. Selain itu, pada saat melakukan gerakan sujud, posisi otak akan lebih rendah daripada jantung. Hal ini bermanfaat untuk mempermudah aliran darah yang kaya oksigen ke otak.

Selain itu, semua posisi tubuh pada saat sujud bisa menimbulkan adanya tarikan di tulang belakang bagian tengah punggung. Hal ini bermanfaat untuk membuat ruas-ruas tulang belakang menjadi teratur dan lurus serta berkurangnya kompresi dan terjadi peregangan.

Selain itu, rukuk dan sujud memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ wanita. Satu hal yang harus anda ingat bahwa, lakukanlah tuma’ninah pada setiap gerakan sholat sehingga anda akan merasakan manfaat gerakan sholat secara optimal.

Manfaat Gerakan Duduk
Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan satu ini akan membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri dan vena. Selain itu, seluruh sendi yang ada di tungkai, kaki, dan jari jemari menjadi lentur, aktif, dan tidak kaku.

Setelah gerakan sujud, gerakan selanjutnya adalah gerakan duduk. Selain gerakan duduk setelah melakukan sujud, terdapat juga duduk tasyahud awal dan tasyahud akhir.

Gerakan duduk antara duduk setelah sujud, duduk tasyahud awal, dan duduk tasyahud akhir sedikit berbeda. Saat duduk tasyahud awal, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan.

Nyeri pangkal paha biasanya dirasakan seseorang yang lanjut usia, atau seseorang yang melakukan di lapangan yang seharian berdiri untuk menyelesaikan tugas. Sementara duduk tasyahud akhir sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens.

Manfaat Gerakan Salam
Manfaat gerakah sholat bagi kesehatan selanjutnya adalah gerakan salam. Gerakan salam adalah gerakan terakhir dalam sholat. Gerakan salam merupakan gerakan menoleh dan menggerakkan kepala kekiri dan kekanan. Gerakan salam yang benar adalah membuat pipi bisa dilihat oleh orang yang sedang berada di belakang Anda.

Manfaat gerakan sholat bagi tubuh satu ini, bisa menjaga bagian tubuh yang vital seperti saraf, kelenjar-kelenjar, pembuluh darah, otot-otot, tulang-tulang. Gerakan salam memiliki manfaat untuk membuat leher menjadi lebih lentur dan menguatkan otot-otot juga seluruh bagian leher. Gerakan salam juga bisa menjaga kekenyangan kulit wajah seseorang.

Berbagai gerakan sholat membuat pernafasan umat Islam menjadi semakin lancar dan badan semakin sehat, sebagai salah satu upaya mengantisipasi pandemi global virus corona.

Penulis: Adi HFA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here