DPRD Seluma Minta Pemkab Seluma Perjelas Siltap Kades Dan Perangkat Desa

Seluma, jurnalisbengkulu.com – DPRD meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma agar lebih memperjelas soal pengalokasian penghasilan tetap (Siltap) Kades dan Perangkat Desa di Kabupaten Seluma, disampaikan oleh Wakil ketua II DPRD Seluma Ulil Umidi, Rabu (04/11/20).

Hal tersebut jika merujuk ke PP Nomor 11 tahun 2019 bahwa siltap kades dan perangkat desa setara dengan PNS Golongan IIA. Namun sampai saat ini belum juga diterapkan di Kabupaten Seluma.

“Seharusnya sudah diterapkan. Serta sejumlah perangkat sudah menerima gaji sebesar gaji ASN Golongan II,” kata Ulil Umidi.

Pihaknya berharap karena adanya pengurangan dana alokasi umum (DAU) tahun depan, Pemkab Seluma bisa melakukan koordinasi dalam melobi anggaran, sehinga ditahun mendatang dana DAU yang dikucurkan bisa bertambah.

“Tahun depan ada pengurangan dana DAU, jadi Pemkab, harus melakukan koordinasi, agar penerapan siltap perangkat desa setara PNS Golongan IIA bisa terlaksana,” sambungnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma, Marah Halim, menyampaikan bahwa, untuk pembayaran honor kades dan perangkat tersebut, diambil dari Dana DAU sebesar 10 persen.

Lanjutnya, untuk menerapkan PP nomor 11 tahun 2019 setara gaji PNS Golongan IIA dirasa aka sulit untuk direalisasikan, karena jumlah transfer dari Pemerintah Pusat yang berkurang.

“Ditahun depan, sepertinya belum bisa diterapkan besaran honor kades dan perangkat setara gaji PNS golongan IIA, sangat sulit untuk direalisasikan, karena berkurangnya transfer dana dari pemerintah pusat. Sehingga,” jelasnya.

(ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here