Sukseskan Pilkada 2020, KPU Kaur Menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Kaur, JB- Guna mensukseskan pemilihan umum untuk Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur pada 9 Desember mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap (sistem informasi rekapitulasi) pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 di lapangan Merdeka Bintuhan pada, (21/11/2020).

Dalam sambutan Ketua KPU Kaur Meixxy Rismanto, SE mengatakan simulasi ini diharapakan kepada penyelenggaraan baik Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa nantinya bisa memberikan suatu gambaran nyata untuk mensukseskan pencoblosan pada 9 Desember mendatang. Berdasarkan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) se-Kabupaten Kaur yakni, dari 15 Kecamatan serta 193 Desa, dan 3 Kelurahan.

“Dari jumlah data tersebut, ada beberapa Desa yang terisolir dari jangkauan perkotaan dengan memakan jarak tempuh yang jauh dan medan yang sulit dilalui. Itu bukanlah hambatan, untuk mensukseskan pilkada tahun ini berjalan dengan baik, bersih, damai dan demokratis,” ungkap Ketua KPU.

Tak hanya itu, Irpanadi, S. Ikom menghimbau dan berharap kepada seluruh petugas penyelenggara pemilu  betul-betul mengikuti serta memperhatikan dalam kegiatan simulasi ini, mulai dari tata cara pemilihan, penghitungan dan rekapitulasinya sehingga pada pelaksanaannya nanti bisa terlaksana dengan baik dan benar.

“Ya, pelaksanaan pemilihan tahun ini tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena kita dalam situasi pandemi covid-19, ” beber anggota komisioner KPU Irpanadi.

Adapun tata cara pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember nanti, sebagai berikut :

1. Pemanggilan pemilih
2. Pemilih diberi sarung tangan
3. Cek suhu tubuh dan diberikan surat suara
4. Masuk bilik suara
5. Selesai pencoblosan dan selanjutnya masukkan kertas suara ke dalam kotak suara.
6. Lepaskan sarung tangan untuk diteteskan tinta biru pada jari kelingking 7. Dan terakhir scan barcode tanda selesai memberikan hak suaranya.

Untuk diketahui, kegiatan simulasi ini dihadiri  Ketua dan Anggota KPU Kaur, Meexi Rismanto, Devisi Teknis KPUD Irpanadi, Sirus Legiati, Yuhardi, Ketua dan Ketua Bawaslu Toni Kuswoyo, Sos dan Anggotanya, Kapolres Kabupaten Kaur, Perwakilan dari Kejaksaan Negri Kaur ,TNI, PPK, PPS, Panwascam dan seluruh tamu undangan yang hadir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here