Inilah Alasan Sumarno Kenapa Lahan Sawahnya Ditanami Cabai

0
4

Pati – Paska panen padi, petani waga Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, menanami lahan sawahnya dengan tanaman palawija, seperti kacang hijau ataupun kedelai. Dengan alasan tidak butuh tenaga dan biaya untuk mengolah lahan paska panen padi.

Tetapi lain dengan Sumarno (54) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, ia menamai lahan sawah miliknya tanaman lombok atau biasa disebut cabai. Ia beralasan, untuk harga jual cabai lebih menjanjikan dari pada kacang hijau dan kedelai. Memang butuh modal yang lumayan untuk pengolahan lahan dan biaya perawatan tanaman cabai.

Kini lahan Bapak Sumarno baru masuk tahap pemasangan mulsa plastik pada bidang yang akan ditanami bibit cabai. Dengan dibantu Serda Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati mereka tampak serius dan berhati-hati memasang mulsa plastik, Senin (28/6/2021)

Sementara Sumarno menjelaskan, sebelum lahan ditanami bibit cabai harus dipasang mulsa plastik dulu, dengan tujuan menjaga kelembaban tanah, rumput tidak tumbuh dan yang terpenting tanaman cabai bisa tumbuh dengan maksimal.

“Untuk bibit cabai sendiri saya membeli dari pedagang bibit cabai yang ada di Desa Tamansari. Tinggal memilih jenis apa yang akan kita tanam, semuanya sudah tersedia di sana. Sedangkan plastik ini saya membeli dari toko pertanian per gulung. Semoga dengan bantuan bapak tentara, nanti panen tanaman cabai saya bisa melimpah,” katanya. (0718)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here