Al Qur’an Sumber Terbaik Atasi Virus Corona

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Sabtu, 14 Juni 2020 ketika jarum jam menunjukkan waktu 14.27 WIB, penulis menerima telepon dari saudara angkat dari Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko .

Setelah menyepakati, sekitar 1 jam kemudian penulis pun menemui saudara angkat yang juga seorang ustadz dan tokoh masyarakat di Kecamatan Lubuk Pinang khususnya, di salah satu masjid di kawasan Simpang Bumi Ayu Kota Bengkulu.

‘’Al Qur’an adalah sumber informasi tentang tata cara mengatasi semua masalah yang ada di dunia dan berlaku sepanjang zaman kehidupan manusia,’’ kata sang Uztadz yang juga ahli bertukang ini membuka pembicaraan.

Ustadz yang juga terampil bertani tersebut mencontohkan, semua protokol kesehatan yang ditetapkan dalam mengantisipasi penularan virus corona, telah tercantum dalam Al Qur’an.

‘’Anjuran sering mencuci tangan telah diajarkan kepada umat Islam untuk selalu menjaga wudhu, khususnya membersihkan diri untuk melaksanakan ibadah Shalat 5 waktu dan Shalat sunnah lainnya,’’ jelas Ustadz yang terlatih bela diri ini.

Ia menjelaskan, anjuran jaga jarak juga sudah diajarkan dalam Agama Islam bahwa umatnya dilarang bersentuhan (apalagi cium pipi kanan dan kiri, red) antar lawan jenis yang tidak ada hubungan sedarah.

‘’Anjuran memakai masker juga diterapkan umat Islam khususnya perempuan dengan memakai cadar. Intinya, virus corona adalah cara Allah SWT agar manusia kembali melaksanakan ajaran Al Qur’an dan Hadist,’’ tutupnya.

Kami pun berpisah karena beliau harus kembali ke Lubuk Pinang Mukomuko. Sampai berjumpa dalam pertemuan berikutnya untuk saling bertukar pikiran.

Penulis: Adi HFA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here