Bersama Petani Bersihkan Saluran Irigasi

Musi Rawas, jurnalisbengkulu.com- Untuk memaksimalkan fungsi saluran irigasi dan menumbuh kembangkan rasa kebersamaan dan rasa memiliki, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, (18/11/2018) bersama ratusan petani di Desa P1 Mardiharjo dan Kelurahan O Mangunharjo Kecamatan Purwodadi melaksanakan gotong royong membersihkan saluran irigasi dari rerumputan, gulma dan lumpur.

Kegiatan yang hampir rutin dilaksanakan setiap hari minggu ini, dengan menggunakan peralatan arit dan cangkul setidaknya membersihkan sekitar 2 km saluran irigasi di wilayah itu. Selain mengoptimalkan fungsi irigasi, kegiatan gotong royong ini juga sebagai ajang Bupati Hendra untuk menyerap informasi dan aspirasi dari petani.

Bupati Mura H Hendra Gunawan pada kesempatan itu memberikan apresiasi kepada para petani dan masyarakat yang kompak dan penuh semangat mengikuti aksi gotong royong hari ini, dirinya berharap semangat gotong royong dan kebersamaan ini tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan. Serta beliau akan terus mendorong aksi ini dapat terus dilakukan karena, ini untuk kepentingan bersama.

Banyak permasalahan yang ada ditingkat petani, khususnya masalah saluran irigasi ini, seperti kurangnya pasokan air yang mengalir ke saluran irigasi akibat diambil dan dibendung oleh kolam air deras, hama dan minimnya peralatan pertanian modern. Terkait masalah ini, Bupati Hendra memastikan persoalan ini akan menjadi perhatian serius pihaknya dan akan segera menindaklanjutinya.

Dikatakan Bupati, berkurangnya debit air disebabkan oleh pengusaha kolam yang kurang bijaksana.

“Persoalan air telah menjadi masalah yang serius dimana air yang sejatinya diperuntukan mengaliri persawahan namun lebih banyak dimanfaatkan oleh pengusaha kolam dengan tidak bijaksana dimana air yang diambil dari saluran irigasi tidak dikembalikan lagi ke saluran sehingga debid air untuk persawahan menjadi berkurang,” Ungkap H. Hendra Gunawan.

Untuk itu, Bupati menegaskan pihaknya akan mencarikan solusi terbaik karena air ini untuk kepentingan bersama, jika pemilik kolam tidak mau berbagi dan hanya mementingkan kepentingkan mereka maka pihaknya akan menindak tegas dan membongkar bendungan air kolam air deras dan mengecor pintu air ke kolam.

Untuk persoalan hama, Bupati mengharapkan dinas terkait khususnya penyuluh untuk lebih intensif turun kelapangan dan mendampingi petani sehingga hama penyakit dapat ditanggulangi dan produktifitas padi masyarakat dapat lebih meningkat.

Demi meringankan beban petani dalam mengelola lahan persawahan dan meningkatkan produktifitas hasil panen, Bupati usai melaksanakan gotong royong menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada 12 kelompok tani berupa Tracktor Roda 4, Traktor Roda 2 Rotari, Cultivator dan Hand Sprayer Elekt yang diterima oleh ketua kelompok tani.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan (Distanak) Mura Tohirin, Kepaala Dinas Kominfo Mura M Rozak, Kepala DPMD Mura Mefta Joni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hermerudin, Camat Purwodadi Tasinu, Lurah O Mangunharjo Farida, Babinsa, PPL dan Ketua Kelompok Tani (Poktan) yang menggerakkan petani. (Herdianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here