Bupati Buka Kegiatan Fasilitasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa di Seluma

Seluma, jurnalisbengkulu.com – Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH, MH membuka acara Fasilitasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Kabupaten Seluma, Selasa (18/2/2020) bertempat di Aula BPKD Kabupaten Seluma.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs. Gusjon Fhadilillah dalam laporannya antara lain mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman terhadap Kepala Desa dan Lurah dalam mengelola dana desa dan dana kelurahan  dalam rangka melaksanakan amanat UU Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa.

Desa diberi amanat untuk mampu mengelola keuangan desa yang lebih profesional, mandiri, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Untuk itulah para Kepala Desa dan Lurah perlu dibekali penhetahuan dan keterampilan yang lebih memadai agar dapat mengelola dana desa dan dana kelurahan yang lebih baik,” lapor Gusjon Fhadilillah.

Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan kepada para peserta agar memanfaatkan sebaik mungkin acara ini untuk menambah wawasan pengetahuan terhadap pengelolaan dana desa tahun 2020. Antara lain Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 tentang pengelolaan dana desa, yang menjadi acuan teknis bagi para Kepala Desa dalam mengelola dana desa.

“Untuk penggunaan dana kelurahan, para Lurah diminta agar dapat menggunakan dana kelurahan sesuai dengan prioritas pembangunan, gunakan dana kelurahan secara efektif dan efisien dan jangan takut dalam menggunakan dana kelurahan asalkan tetap berhati-hati dan jangan membuat kegiatan fiktif,” ungkap Bundra Jaya.

Narasumber acara ini mendatangkan dari Kapolres Seluma, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkulu dan BPKD Kabupaten Seluma serta dihadiri oleh Kajari Tais, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Seluma, Dirjen Perbendaharaan Perwakilan Provinsi Bengkulu serta 14 Camat, 20 Lurah dan 182 Kepala Desa se-Kabupaten Seluma. (ADV/JB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here