Fasilitas Rusak, Madrasah Ibtidaiyah Swasta 02 Kepahiang Tetap Semangat

Kepahiang, jurnalisbengkulu.com – Meski berbagai fasilitas mengalami kerusakan, puluhan siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) 02 Kepahiang tetap semangat menjalankan kegiatan pendidikan.

‘’Yang rusak parah gedung mushola madrasah. Dinding dan tiang mushola mulai keropos kayunya sehingga terancam roboh bila tak segera diperbaiki,’’ kata Kepala Desa (Kades) Batu Ampar, Harwan Iskandar, S.Pd.I melalui whatsapp, Kamis (23/7/2020).

Kades menjelaskan, sebanyak 4 ruang belajar MIS 02 Kepahiang mengalami kerusakan. Plafon bocor dan kalau turun hujan ruangan menjadi basah. Pintu ruangan kelas MIS 02 Kepahiang juga mengalami kerusakan.

‘’MIS 02 Kepahiang belum memiliki ruang UKS untuk melayani bila ada siswa yang sakit mendadak. Honor yang diterima para guru honorer masih minim,’’ ungkap Kades.

Kades menyatakan, madrasah swasta masih dipandang sebelah mata sehingga kurang mendapatkan perhatian atau bantuan dari pemerintah.

‘’Kami sudah berkoordinasi dan mengajukan proposal bantuan, namun hingga kini pemerintah belum juga bisa merealisasikan usulan yang disampaikan,’’ keluh Kades.

Kades menceritakan, MIS 02 Kepahiang di Desa Batu Ampar Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu mulai berdiri tahun 1966 silam dengan tujuan untuk menyediakan tempat belajar yang jarak tempuhnya terjangkau bagi anak usia sekolah di desa setempat.

‘’Saat ini terdapat 76 siswa yang belajar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 menggunakan 6 ruang kelas, dengan jumlah guru ASN 2 orang dan 7 guru honorer,’’ ujarnya.

Dalam berbagai keterbatasan, pihaknya menjadikan aktifitas di MIS 02 Kepahiang sebagai ladang amal atau ibadah.

‘’Setiap pagi di MIS 02 Kepahiang selalu sholat Dhuha berjamaah dilanjutkan dengan mengaji. Banyak pengalaman yang membuat kami bahagia seperti melihat anak-anak bisa sekolah, bisa tersenyum dan bermain,’’ demikian Harwan Iskandar, Kades Batu Ampar.

Penulis: Adi HFA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here