Ibu Kota Pindah, Kepala Bappenas : Presiden Pilih Pemindahan ke Luar Pulau Jawa

NASONAL, JB – Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas rencana pemindahan ibu kota negara di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Pemerintah mengkaji sejumlah lokasi di dalam dan luar Pulau Jawa.

Rapat terbatas yang dipimpin presiden dan wakil presiden ini dihadiri jajaran Menteri Kabinet Kerja terkait dan sejumlah kepala daerah antara lain Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Presiden jokowi menyebut gagasan pemindahan ibu kota negara sudah muncul sejak era pemerintahan presiden pertama Soekarno. Presiden menimbang kembali siap atau tidaknya Jakarta sebagai ibu kota memikul beban sebagai pusat pemerintahan dan pelayanan publik sekaligus pusat bisnis.

Dengan menimbang aspek geopolitik, geostrategic, kesiapan infrastruktur pendukung dan pembiayaaan ada sejumlah lokasi yang dikaji pemerintah.

Setelah rapat Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyatakan dalam rapat tersebut Bappenas memberikan 3 alternatif ibukota. Yang pertama tetap di Jakarta. Yang kedua dalam radius 50 hingga 70 kilo meter dari Jakarta. Dan yang ketiga di luar jawa. Dari 3 alternatif tersebut Presiden Jokowi dinyatakan memilih alternatif ketiga.

Sumber : Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here