Komsos Kerumah Warga, Satgas TMMD Belajar Mencangkok Tanaman

0
4

Pati – Berbagai aktivitas dan usaha yang dijumpai satgas TMMD 111 Kodim Pati di Desa Tamansari, diantaranya usaha budidaya tanaman baik dengan cara mencangkok maupun tebar biji. Usaha tersebut merupakan usaha rumahan yang memanfaatkan lahan sempit disamping rumahnya untuk menampung tanaman yang sudah dipolybag dan siap dipasarkan.

Rusdi (54) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari yang menggeluti usaha budidaya tanaman, kebetulan rumahnya tidak jauh dari lokasi pekerjaan rehab RTLH yang sedang dikerjakan oleh satgas TMMD. Sehingga disela istirahatnya anggota satgas menyempatkan waktu berkunjung kerumah warga. Kamis (24/06/2021).

Di sela istirahat itulah Serda Muslimin berkunjung kerumah Rusdi yang tampak sibuk membuat cangkokan pada tanaman. Serda Muslimin pun turut serta ikut membantu sambil belajar cara mencangkok. “Saya sudah pernah mencoba mencangkok tapi sering gagal, hari ini saya belajar dari pak Rusdi bagaimana cara mencangkok tanaman anti gagal,” ungkapnya.

Sementara itu Rusdi dengan cermat dan tangkasnya membuat cangkokan, yang sudah ia siapkan berbagai bahan untuk mencangkok, ” kalau kita mau mencangkok harus memilih batang yang sesuai, batang setidaknya memiliki diameter 2 cm atau lebih dan yang paling penting adalah berkambium,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here