Lokakarya BKKBN Benteng Berbasis Pembangunan Berwawasan Kependudukan

Bengkulu Tengah, jurnalisbengkulu.com- Program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di tingkat kabupaten kota menjadi kewenangan daerah bahkan menjadi urusan wajib sesuai dengan PP NO 38 TAHUN 2007 tentang pembagian pemerintah pusat dan daerah.

Lokakarya Pokja Akselarasi Pembangunan Berwawasan Kependudukan tingkat Kabupaten di selenggarakan di Puncak Tahura, dibuka langsung oleh Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli Kamis, (01/11/2018).

Dalam lokakarya Pokja Akselerasi kali ini Bupati Ferry Ramli, menjelaskan dua hal yang perlu di perhatikan dalam membahas penduduk dan pembangunan, yaitu penduduk tidak hanya diperlakukan sebagai obyek tetapi juga subyek dan menyadarkan hak penduduk dan meningkatkan kapasitas penduduk dalam pembangunan.

Bupati juga menyampaikan terkait dengan integritas penduduk dengan pembangunan diperlukan penguatan kebijakan dalam pembangunan berwawasan kependudukan.

“Secara garis besar, pembangunan berwawasan kependudukan adalah pembangunan yang disesuaikan dengan potensi dan kondisi penduduk yang ada,” katanya.

Lanjut Ferry Ramli, lokakarya pokja akselerasi pembangunan kependudukan mampu tingkatkan pembangunan di wilayah tersebut.

“Dengan lokakarya Pokja Akselerasi Pembangunan berwawasan Kependudukan maka Kabupaten Bengkulu Tengah bisa tingkatkan sinergi Pembangunan melalui Dinas yang ada di wilayah ini dengan cara saling mengisi kekurangan yang ada di masyarakat tersebut,” tambahnya.

Dalam Kegiatan Pokja Bupati juga sempat menanyakan kepada pemberi materi dalam Pokja masalah CSR perusahaan yang pernah MOU kepada pemerintah yang belum terealisasi semuanya karena regulasi CSR yang pasti untuk menjadi desa pendamping dan bina didesain tersebut. (fzl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here