Umat Islam Tidak Sholat Berarti Meruntuhkan Agama Islam

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Bilamana umat Islam tidak mengerjakan ibadah Sholat berarti yang bersangkutan telah ikut serta meruntuhkan agama Islam.

‘’Ibadah sholat adalah tiang agama Islam. Bila umat Islam menjalankan ibadah sholat maka ia tergolong mendirikan agama Islam. Sebaliknya, bila meninggalkan sholat maka ia telah meruntuhkan agama Islam,’’ kata Khatib Sholat Jum’at di Masjid Ar Rahman Kota Bengkulu (25/9/2020).

Khatib menjelaskan, sholat adalah ibadah paling utama dalam agama Islam. Ibadah sholat bisa mencegah umat Islam dari perbuatan keji dan mungkar.

‘’Selain itu, ibadah sholat juga membuat umat Islam bisa membuka pintu kebaikan dan menutup pintu keburukan sehingga terhindar dari perbuatan dosa,’’ tuturnya.

Ustadz menambahkan, bila umat Islam dengan sengaja meninggalkan ibadah sholat dapat dikelompokkan menjadi kafir.

‘’Ajaran Islam mewajibkan orangtua untuk mendidik anaknya agar menjalankan ibadah sholat sejak umur 7 tahun. Bahkan orangtua diperbolehkan memukul anak (pada bagian yang aman, red) yang tidak mau melaksanakan ibadah sholat saat berusia 10 tahun,’’ ujarnya.

Khatib tegaskan, ’’Ibadah sholat harus dibiasakan sejak anak-anak karena semua amal ibadah umat Islam tergantung ibadah sholatnya. Bila ibadah sholatnya baik maka akan baik pula ibadah yang lainnya.’’

Penulis: Adi HFA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here