Ciptakan Tertib Lalu Lintas, Satlantas Seluma Sambangi Masjid

SELUMA, jurnalisbengkulu.com – Berbagai cara dilakukan Satlantas Polres Seluma untuk menekan angka kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Seluma. Untuk itu, Satlantas menggelar sosialisasi keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lantas dengan mengunjungi Masjid Ashobirin, Kelurahan Sembayat, Kecamatan Seluma Timur, Jumat (21/12/2018) usai shalat jum’at berjamaah.

Disamping itu, kapolres seluma juga mendukung adanya kegiatan sosialisasi ini, mengenai tertib berkendara yang aman.

“Kita salat Jum’at dulu di masjid yang kita kunjungi ini. Usai salat, langsung kita lakukan sosialisasi Kamseltibcar lantas kepada jamaah,” terang Kapolres Seluma AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik melalui Kasat Lantas Iptu. Aan Setiawan, S.Sos, MM.

Dalam sosialisasi tersebut Aan, menyampaikan pesan kepada masyarakat mengenai tata tertib berlalu lintas di jalan raya yang harus di ikuti dan dipatuhi oleh masyarakat khususnya Kabupaten Seluma.

Selain taat lalu lintas, tak ketinggalan juga atribut keselamatan baik helm maupun kelengkapan kendaraan.

“Kalau helm harus SNI, sementara kelengkapan kendaraan seperti kaca spion dan body kendaraan harus standar, sesuai dengan warna di STNK, Khusus untuk pengendara mobil, selalu gunakan sabuk keselamatan saat melajukan kendaraannya,” pesan Aan.

Selain sosialisai, kegiatan dengan sambang masjid, dinilainya akan efektif. Karena dapat memberikan arahan langsung kepada masyarakat tentang Kamseltibcar lantas.

Selain sosialisasi mengenai tertib berlalu lintas, Aan juga berpesan kepada orang tua, untuk tidak melepas anaknya ke sekolah dengan membawa motor tanpa memiliki SIM.

Selain sosialisasi, tambah Aan, Satlantas memberikan Buku Yasin untuk digunakan oleh jamaah atau masyarakat yang hendak beribadah ke masjid Asshobirin.

“Kegiatan ini akan terus kita lakukan setiap Jum’at di semua masjid di wilayah hukum Polres Seluma. Namun untuk pertama ini akan di mulai di masjid seputaran ibu kota kabupaten. Setelah itu beranjak ke masjid yang lainnya,” sampai Aan.

Sementara itu Lurah Kelurahan Sembayat, Sawihin, S.Sos menyambut baik kegiatan yang dilakukan Satlantas Polres Seluma. Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat dan efektif dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait keselamatan dalam berlalu lintas.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih dengan Kapolres seluma serta SatLantas mengenai kegiatan ini dan saya anggap ini sangat penting. Dengan kegiatan ini masyarakat mengetahui semua hal yang harus dilakukan dan dilarang dalam berkendara,” Ucap Sawihin.(why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here