Jaga Keutuhan Bangsa, Kesbangpol Benteng Gelar Pendidikan Bela Negara

Bengkulu Tengah, jurnalisBengkulu.com — Semangat peserta Pendidikan Bela Negara yang digelar di hotel Tahura pada Kamis (14/11/2019) merupakan Kegiatan yang diinisiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bengkulu Tengah. Kegiatan tersebut di buka oleh Sekertaris Daerah Pemkab Bengkulu Tengah, Edi Hermansyah.

Dalam kegiatan ini, Edi Hermansyah selaku Sekda Pemkab Bengkulu Tengah mengatakan, Setiap warga negara, termasuk insan media massa di dalamnya punya kewajiban dalam hal bela negara. Kontribusinya tidak hanya sekadar melalui perjuangan fisik. Tetapi, ikut menjaga bangsa, kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuai bidang profesi setiap warga negara.

Dijelaskan Edi Hermansyah kepada awak media, usai buka kegiatan Pendidikan Bela Negara ini bahwa tanggung jawab bela negara juga diemban media massa. Termasuk media mainstream seperti koran atau surat kabar dan serta media Online Salah satu kontribusinya adalah menyajikan dan menyebarluaskan berita sesuai fakta. Tidak mengandung hoaks. Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan. Muaranya pun jelas, yakni menjaga keutuhan negara.

“Sebagai media mainstream dan sudah melakukan itu melalui paradigma,” ujarnya.

Semua materi pemberitaan berporos pada penyajian fakta, cek and ricek (klarifikasi), tidak beropini, mengedepankan cover both side dan diikat kode etik. Bagi Irwan Zainuddin, peran massa tak hanya menyajikan informasi semata kepada masyarakat, namun harus menangkal berita bohong (hoaks).

“Saya berharap peserta yang ikut Pendidikan Bela Negara dapat membentuk Karakter Pemuda Pemudi baik dari semua kalangan khususnya Masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah,” Ungkap Edi Hermansyah.

Lanjut Edi Hermansyah kita saat ini Butuh kesadaran semua pihak untuk membendung penyebarannya yang begitu cepat. Semua elemen harus bersatu melawan hoaks, sehingga, NKRI tetap utuh dan kokoh dan dengan Adanya Pendidikan Bela Negara bisa menyatukan semua elemen apalagi kalangan generasi muda sehingga terbentuk karakter yang baik dan tahu kepentingan Pendidikan Bela Negara.

Sementara itu, Eka selaku Kepala Kesbangpol Kabupaten Bengkulu Tengah menyampaikan kegiatan ini bertujuan memberi motivasi dan Inovasi kepada generasi muda.

“Untuk pentingnya Pendidikan Bela Negara dan peserta yang ikut nantinya di berikan materi yang sifatnya Pendidikan Bela Negara oleh Pemateri yang menjelaskan dalam kegiatan ini selama dua hari agar terbentuk lah regenerasi muda yang andal dan unggul dalam Pendidik Bela Negara tersebut,” paparnya.

(Ferizal Adek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here