KPU Kaur Menggelar Bimtek, Irpanadi : 25% Kursi DPRD Bisa Ikut Calon Bupati

Kaur, jurnalisbengkulu.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Kaur Tahun 2020 di K-Hotel Bintuhan, Senin 09:00 WIB (03/08/20).

Dalam kegiatan bimtek tersebut, dibuka langsung Ketua KPU Mexxy Rismanto, SE dan dikuti seluruh Anggota Komisioner KPU Radius, SP ,Irpanadi, S.Kom Yuhardi, S.IP,.MH, Sirus Legiyarti, S. Pd dan pimpinan partai politik pemenang pemilu tahun 2019.Serta melibatkan kepolisian, kejaksaan, pengadilan negeri dan dinas pendidikan serta Bawaslu Kabupaten Kaur sekaligus pemateri dalam Bimtek tersebut .

Dikatakan Irpanadi, untuk jadwal pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nantinya harus mendapatkan atau diusung minimal 20 persen atau minimal 5 kursi dari jumlah kursi yang ada di DPRD Kabupaten kaur.

“Jadi, untuk pencalonan bisa melalui 25 % dari jumlah akumulasi suara sah hasil pemilu tahun 2019 lalu, minimal 5 kursi yang ada di DPRD,” papar Irpanadi.

Lanjut Irpanadi, bagi parpol yang tidak memiliki keterwakilanya kursinya di DPRD Kaur, maka tidak bisa dijadikan syarat pencalonan. Melainkan hanya sebatas pendukung paslon, saat ini di Kabupaten Kaur ada 4 parpol yang tidak mendapatkan keterwakilannya kursi di DPRD Kaur.

“Ya, untuk 4 parpol tersebut, paling mendukung suara saja, tidak dapat dihitung sebagai syarat 25 %,” tutup Irpanadi Komisioner KPU Kaur tersebut. (ers)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here