Masuk Wisata Suban Air Panas Gratis, Syaratnya Bisa Berbahasa Rejang

Rejang Lebong, jurnalisbengkulu.com – Surya selaku Pengelola objek wisata Suban Air Panas yang terletak di Kecamatan Curup Timur, menggratiskan tiket masuk bagi masyarakat Rejang Lebong yang bisa dan fasih berbahasa Rejang.

Menurut Surya yang juga menjabat sebagai Waka 1 DPRD Rejang Lebong, hal ini adalah sebagai salah satu bentuk kepedulian dirinya terhadap pelestarian bahasa daerah dan dapat memicu generasi muda untuk tidak malu menggunakan bahasa daerah.

Namun, kata Surya, syarat gratis masuk itu hanya dikhusukan untuk warga yang memiliki garis keturunan Suku Rejang saja. Menurutnya, generasi muda keturunan suku Rejang masih cukup banyak yang tidak bisa berbahasa Rejang.

“Saya merasa miris dengan kondisi itu, bagaimana kita bisa melestarikan adat budaya daerah jika dari segi bahasa saja tidak bisa,” ujar Surya.

Selain itu, sebagai Waka 1 DPRD Rejang Lebong, Surya, juga mendorong seluruh sekolah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong agar guru yang membidangi kurikulum muatan lokal dapat memberikan pelajaran lebih kepada siswa terkait budaya Rejang.

“Karena suku Rejang ini merupakan salah satu suku tertua di Indonesia yang memiliki bahasa, budaya, adat dan aksara sendiri berupa aksara Ka ga nga, untuk itu penting bagi generasi milenial saat ini untuk melestraikan budaya daerah tersebut,” tutup Surya.

Sumber : (ogi – RMOLBengkulu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here