Tahun 2021, Pemda BS Janji Anggarkan Rp. 10 Miliar Pengadaan Peternakan Sapi

Bengkulu Selatan, jurnalisbengkulu.com – Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi menggelar pertemuan dengan para pengelola BUMDes se Bengkulu Selatan di ruang rapat Balai Sekundang, Jumat (7/2/2020).

“Kami siap membantu memfasilitasi dan memberikan arahan bagaimana usaha yang dikelola BUMDes masing – masing sukses dan bisa diaplikasikan kepada masyarakat,” ujar Gusnan. 

Dikatakan Bupati, pihak BUMDes memberikan contoh bagi para peternak yang ada di wilayah masing – masing.
Kemudian, pihak Pemdes memberikan dukungan dengan membelikan mesin pencacah pakan ternak diberikan kepada pihak BUMDes yang ke depannya bisa dimanfaatkan para peternak.

“Begitu besar prospek yang bisa mendatangkan rupiah dari beternak sapi. Kotoran dan air seni sapi pun bisa dikelola dan menguntungkan. Saya jamin itu kalau ada niat. Nah, kalau kurang dana, maka akan kami bantu dengan KUR dari pihak BRI. Kami sudah bekerjasama dengan pihak bank, jadi kalau ada niat maka tentu kita akan berhasil.
Untuk tahun 2021 pemerintah Bengkulu Selatan akan menganggarkan Rp.10 miliar untuk pengadaan Perternakan sapi,” janji Gusnan.

Sementara itu, Kepala Dinas BPMD, Hamdan Sarbaini, berharap pengelola dapat mengembangkan usaha BUMDES. “Mengenai hal-hal dalam urusan administrasi pihak BPMD siap mendampingi dan membantu,” pungkas Hamdan Sarbaini.

Untuk diketahui, pertemuan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan, Kepala Dinas BPMD, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan seluruh Camat se Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dalam kegiatan itu juga Bupati mengajak BUMDes lebih serius dalam mengelola usaha BUMDes masing–masing, khususnya untuk usaha peternakan.

(Sugianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here