Tahun Baru Islam: Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Hari ini umat Islam se dunia memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, bertepatan dengan hari Kamis 20 Agustus 2020.

Peringatan Tahun Baru Islam pada kali ini masih dalam suasana pandemi global virus corona atau covid-19. Kondisi tersebut sangat baik bagi seluruh umat Islam untuk mengevaluasi diri sendiri.

Penulis berpendapat, berkaitan dengan pandemi corona, salah satu upaya evaluasi diri yang sangat baik dilakukan umat Islam adalah menerapkan peribahasa ‘Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati’.

Peribahasa tersebut memiliki arti bahwa benar adanya jika lebih baik mencegah daripada mengobati, artinya adalah lebih baik kita menjaga dan merawat tubuh kita sebelum terjadi hal-hal yang tidak dinginkan sehingga harus dilakukan tindakan mengobati penyakit virus corona.

Adapun pencegahan yang bisa dilakukan antara lain memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain dan rajin mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun.

Kesadaran untuk mencegah pada kenyataannya masih kurang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pengamatan penulis, kawasan wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu, sangat rawan terjadi penularan virus corona.

Betapa tidak, masih banyak masyarakat yang tidak mengenakan masker dan tanpa menjaga jarak satu sama lainnya saat kawasan wisata tersebut dipadati pengunjung kala hari libur.

Selain itu, para pejabat di Bengkulu juga kadang kala tidak mengenakan masker saat melaksanakan kegiatan resmi pemerintahan. Saat para pejabat foto bersama juga tidak menjaga jarak minimal 1 meter seperti yang sering para pejabat sarankan kepada warga.

Bahkan, beberapa waktu lalu pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Bengkulu saling berjabat tangan tanpa memakai sarung tangan di sebuah hotel untuk memberikan ucapan selamat kepada Ketua yang baru terpilih.

Padahal, jumlah warga Provinsi Bengkulu dan Indonesia yang tertular virus corona terus bertambah dan cenderung meningkat setiap harinya.

Sampai hari ini Kamis (20/8/2020) terdata sebanyak 147.211 kasus terkonfirmasi semenjak virus corona mewabah di Indonesia dan sebanyak 286 kasus positif corona ditemukan di Provinsi Bengkulu.

Karenanya, penulis mengajak semua warga untuk mencegah daripada harus mengobati virus corona.

  • Penulis: Adi HFA
  • Redaktur : Yoga Arbiansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here