Ternyata Tumbuhan Ini Mampu Sembuhkan Berbagai Penyakit

Kesehatan, jurnalisbengkulu.com- Kamu pasti tak asing dengan tanaman yang satu ini, Putri malu sering terlihat di hampir semua wilayah di Indonesia. Biasanya sering ditemukan di sekitar pekarangan atau semak-semak belukar. Sekilas memang tak ada yang istimewa pada tanaman ini.

Putri Malu, Sebagian dari manusia mungkin cenderung mencabutnya karena dianggap merusak pemandangan. Namun tahukah kamu dibalik penampilannya yang cenderung biasa, tumbuhan ini justru menyimpan beragam manfaat.

Tumbuhan ini mengandung mimosin, tanin dan juga asam pipekolinat yang baik bagi tubuh. Seperti yang telah dirangkum oleh TribunTravel.com, manfaat tumbuhan putri malu untuk mengobati beberapa penyakit.

1. Mengobati Batuk.
Buat kamu yang menderita batuk apalagi disertai dahak, maka cobalah meminum air rebusan putri malu. Rebus 10 hingga 15 gram dengan air secukupnya hingga mendidih, minum airnya ketika sudah dingin.

2. Mengobati Hepatitis.
Rebusan putri malu ternyata juga dapat mengobati penyakit hepatitis.
Caranya cukup gampang, yaitu merebus putri malu sebanyak 15 gram dengan air 200 cc sampai mendidih kurang lebih selama 15 menit.
Nah, selanjutnya rebusan ini diminum secara rutin guys.

3. Mengobati Bronkitis.
Satu penyakit paru-paru, bronkitis juga bisa disembuhkan dengan tanaman ini. Cukup dengan 60 gram akar putri malu ditambahkan kurang lebih 600 cc air dan direbus hingga menyisakan air kurang lebih 200 cc. Selanjutnya rebusan ini bisa diminum dua kali guys.

4. Mengobati susah tidur.
Buat kamu yang kerap begadang dan akhirnya membuat kamu susah tidur maka wajib banget coba ramuan dari tanaman ini. Sama seperti cara mengobati tiga penyakit di atas.

5. Menyembuhkan Insomnia.
Untuk menyembuhkanmu dari insomnia, kamu cukup merebus 50 gram tumbuhan putri malu dengan air secukupnya. Konsumsilah secara teratur dan rasakan khasiatnya.

Nah, segala sesuatu yang berlebihan pastilah tidak baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, hentikanlah untuk mengkosumsi ramuan putri malu jika dirasa sudah banyak perubahan dan kemajuan.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa sebaiknya wanita yang sedang hamil sangat dilarang mengkosumsi tumbuhan ini karena berdampak buruk untuk janin. Selain itu, penggunaan akar putri malu dalam jumlah dalam dosis yang banyak bisa berujung keracunan dan muntah-muntah. (70771)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here