Qurban Buat Hidup Umat Islam Lebih Berkah

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Ibadah berqurban pada Hari Raya Idul Adha akan membuat hidup umat Islam yang menunaikannya menjadi lebih berkah.

‘’Hidup umat Islam menjadi lebih berkah karena ibadah qurban melatih kebiasaan yang baik dengan cara selalu semangat berbagi di antara manusia,’’ kata Alwi Hasbullah dalam khutbah setelah menjadi Imam Shalat Idul Adha di Masjid Agung At Taqwa Kota Bengkulu, Jumat (31/7/2020).

Ia menjelaskan, qurban merupakan bukti nyata ibadah yang dilakukan umat Islam dalam kehidupan sehari-hari, sebagai pelengkap ibadah lisan atau ceramah.

‘’Ibadah qurban juga sebagai bentuk sikap keteladanan atau memberi contoh kepada orang lain . Jadi ibadah lisan dan perbuatan nyata harus seimbang serta bersamaan,’’ ujarnya.

Alwi menambahkan, Nabi Ibrahin dan Nabi Ismail telah memberikan contoh atau teladan dengan melaksanakan perintah Allah SWT dengan menjalankan ibadah qurban yakni Nabi Ibrahim menyembelih Nabi Ismail yang akhirnya diganti Allah SWT menjadi seekor domba.

‘’Ibadah qurban sebagai simbol membuang sifaf-sifat kehewanan yang kadang kala muncul dalam diri umat Islam, seperti sifat rakus, tamak dan nafsu berlebihan,’’ ungkapnya.

Ia berharap, umat Islam bisa menerapkan semangat ibadah berqurban dalam suasana pandemi virus corona yang sedang melanda dunia.

‘’Selain melaksanakan ibadah wajib shalat 5 waktu, mari kita menjalankan kesolehan sosial dengan bergotong-royong untuk berbagi dalam mengantisipasi penyebaran virus corona,’’ demikian Alwi Hasbullah.

Penulis: Adi HFA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here