Tari Thengul, Meriahkan Pembukaan TMMD 110 Bojonegoro

BOJONEGORO, –    Tari Thengul, turut memeriahkan upacara pembukaan kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 110 tahun 2021 di Pendopo Malowopati Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (2/3/2021).

Tari Thengul adalah tari tradisional asli Kabupaten Bojonegoro, yang diciptakan sebagai upaya melestarikan budaya kesenian yang hampir punah. Berbeda dengan tari lainnya, Tari Thengul merupakan tarian jenaka yang ditampilkan secara kelompok.

Ciri khas dari tarian ini, menampilkan gerakan yang kaku dan patah-patah seperti menirukan gerakan tentara sedang berbaris. Diawali gerakan ala boneka pinokio, serta dengan ekspresi wajah penari yang unik dan lucu seperti tertawa, melotot, cemberut ditambah lagi gerakan siku yang kaku serta kepala menoleh ke kiri dan ke kanan serta iringan musik yang menghentak-hentak membuat peserta upacara terhibur.

Tari Thengul ini juga pernah berhasil memecahkan rekor MURI tahun 2019 atas pemrakarsa, penyelengara tari dan peserta terbanyak yakni 2. 019 orang dengan melibatkan pelajar mulai dari SD, SMP dan SMA diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu, tarian yang terinspirasi dari kesenian Wayang Thengul tersebut, juga pernah tampil di acara puncak perayaan HUT Proklamasi Republik Indonesia 17 Agustus 2019 yang lalu di Istana Negara, Jakarta.

“Sengaja kita datangkan Penari Thengul ini, bekerjasama dengan Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, untuk menambah semangat,” ungkap Letkol Inf Bambang Hariyanto, selaku Dansatgas TMMD 110 Kabupaten Bojonegoro. (Pendim 0813)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here