Usai Belajar Membuat Baju Tradisonal, Satgas TMMD Diberi Sovenir Oleh Mia Salah Satu Pengerajin Baju Tradisional Kalbar

SINTANG – Selain kerajinan asesori yang sangat terkenal itu, pakaian adat Kalimantan Barat dengan motif dayak ini, menjadi daya tarik wisatawan local dan mancanegara. Kerajinan pembuatan baju ini berada di merupakan alat dari Kalimantan Barat, tepatnya berada di Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Senin (12/10/2020).

Pakaian tradisional ini, Kata Serda Habel, anggota Satgas TMMD 109 Kodim 1205 Sintang ini, dirinya sangat terkagum dan terpesona saat dirinya melihat kerajinan tangan dalam pembuatan baju tradisional. Hal ini membuat dirinya tertarik untuk belajar membuat baju tradisional ini.

“Mempelajari cara pembuatan baju adat istiadat Kalimantan barat ini, membuat saya semakin yakin untuk belajar di sela sela kegiatan TMMD 109 ini. Disaat Saat saya melihat pembuatannya, saya langsung meminta ijin untuk memperaktekkannya, saya langsung mendapatkan ijin dari pemilik kerajinan tersebut,” Kata Serda Habel.

Usai mendapatkan ijin, Serda Habel langsung mencoba membuat baju dayak. Usai belajar pembuatan baju dayak, Serda Habel mendapatka souvenir dari pemilik kerajinan baju dayak. Tampak terlihat Mia Pemilik Kerajinan yang sedang mengalungkan seledang motif dayak kepada anggota Satgas TMMD 109 Kodim 1205 Sintang ini. (1205/Sintang)

“Alat Mandau ini merupakan senjata khas Kalimantan barat, dan pusat pembuatannya ada di Desa wira Ydha ini, untuk itu saya dating kesini, untuk melihat pembuatan senjata Mandau di Desa ini. Saat saya melihat pembuatannya, saya langsung meminta ijin untuk memperaktekkannya,” kata Serda Suryadi.

Pembuatan Mandau yang di kerjakan Mantuo ini, lanjut Serda Suryadi, memang memerlukan waktu yang cukup lama. Namun ia sangat senang mengerjakannya. Terkait dengan adanya kegiatan TMMD 109 TA 2020 Kodim 1205 Sintang, dia mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung adanya kegiatan TMMD di Desanya. (1205/Sintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here