Kapus Kaur Tengah Ajak Masyarakat Stop BAB Sembarangan

KAUR, JB – Kepala Puskesmas (kapus) Kaur Tengah Novtitin Aryanti S.km mengajak masyarakt hidup sehat, melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS) pada Senin (24/06/2019).

Selain itu, Ia juga mengajak masyarakat sadar untuk untuk tidak lagi buang air besar sembarangan dan membuat Water Closd (WC) berstandard kesehatan.

Adapun WC yang memenuhi standard kesehatan yaitu, tempat jamban harus tertutup dan jarak lubang penampungan dari sumber air bersih atau sumur, minimal 10 meter.

“Sejauh ini masyarakat sudah menyadari betapa sehat itu sangatlah penting dan ada peningkatan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang air besar sembarangan dari tahun sebelumnya. Terbukti, ada dua desa yang sudah 100 persen memiliki WC berstandar kesehatan. Seperti, Desa Padang Hangat dan Desa Kemang Manis,” ungkapnya saat di temui di ruang kerjanya.

Novtitin juga mengharapkan agar desa lain bisa mencontoh dua desa tersebut, dirinya juga mengatakan dalam waktu dekat akan Kesling, untuk mensosialisakan kembali program STBM.

“Dalam waktu dekat kita akan sosialisasikan kembali program STBM, agar desa lain bisa mencontoh dan mengikuti dua desa tersebut. Sehingga, di Kecamatan Kaur Tengah, tidak ada lagi masyarakat yang belum memiliki WC atau jamban sesuai dengan standar kesehatan,” imbuhnya.(SUMANTRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here