Tugas dan Wewenang Badan Musyawarah (Banmus) Kepahiang

Kepahiang, jurnalisbengkulu. Com- Terdiri dari 11 (Sebelas) orang Anggota DPRD, diusulkan masing-masing Fraksi dengan mempertimbangkan keanggotaan komisi secara Proporsional, Ketua dan Wakil Ketua DPRD karena jabatannya merangkap sebagai Pimpinan dan Anggota Banmus.

Sekretaris DPRD karena jabatannya merupakan Sekretaris Banmus dan bukan sebagai anggota Banmus.

Berikut Tugas dan Wewenang Banmus:

Mengkoordinasikan sinkronisasi rencana kerja tahunan dan 5 (lima) tahunan DPRD dari seluruh Alat Kelengkapan DPRD (AKD).

Menetapkan agenda DPRD untuk 1 (satu) Tahun Masa Sidang,sebagian dari suatu masa sidang,perkiraan waktu penyelesaian suatu masalah dan jangka waktu penyelesaian suatu Raperda.

Memberikan saran dan pendapat kepada pimpinan DPRD dalam menentukan garis kebijakan pelaksanaan tugas dan wewenang DPRD.

Meminta dan atau memberikan kesempatan kepada Alat Kelengkapan DPRD untuk memberikan keterangan atau penjelasan mengenai pelaksanaan tugas masing-masing.

  • Menetapkan jadwal acara rapat DPRD.
  • Memberikan saran dan pendapat untuk kelancaran pelaksanaan tugas DPRD.
  • Merekomendasikan pembentukan Panitia khusus (Pansus).
  • Melaksanakan tugas lain yang diputuskan dalam rapat Paripurna.

Banmus DPRD Kepahiang menyelenggarakan rapat 1 (satu) kali pada setiap akhir bulan untuk menyusun dan menetapkan jadwal dan kegiatan DPRD untuk 1 (satu) bulan berikutnya.

(JB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here