Diumumkan Pemenang Lomba Perpustakaan, dari OPD Terbaik Perpustakaannya Sampai Tidak Memiliki Perpustakaan

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Bengkulu resmi mengumumkan pemenang lomba penyelenggaraan perpustakaan khusus perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu 2023.

Sementara itu kriteria yang dinilai dalam perlombaan tersebut : Sarana dan prasarana, koleksi bukunya, sumber daya manusianya, jaringan, dan inovasi yang mereka miliki.

“Penyelenggara perlombaan ini berdasarkan UU No 43 tahun 2007 dan juga Peraturan Gubernur (Pergub), sementara itu tim penilai kita melibatkan beberapa pihak yang tentu saja ahli di bidang perpustakaan,” ungkap Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, di Hotel Bugenvil, Selasa (17/10/23).

Ada 6 pemenang dalam lomba tersebut, untuk juara 1 dimenangkan Bappeda Provinsi Bengkulu, kemudian juara 2 disabet Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, sedangkan di juara 3 adalah RSMY Bengkulu.

Selanjutnya untuk juara harapan 1 diraih Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, juara harapan 2 didapat Dinas TPHP Provinsi Bengkulu dan juara harapan 3 diambil Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu.

Akan tetapi sangat disayangkan masih ada OPD di pemerintah di Provinsi Bengkulu, yang mengabaikan tentang penyelenggaraan perpustakaan khusus perangkat daerah dan bahkan belum ada perpustakaannya.

Dalam himbauannya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengingatkan setelah ada penyelenggara perlombaan ini dapat tercluster OPD tidak memiliki perpustakaan.

“Ini perpustakaan sudah bagus, ini hanya partisipasi, dan ada yang belum ikut sama sekali. Kita inginkan tahun depan jangan ada perbedaan dengan OPD lain,” pungkas Rohidin.(Saprian Utama, SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *