Gubernur Rohidin Serahkan DIPA dan TKD 2024, Minta Percepat Belanja Anggaran

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Gubernur Rohidin Mersyah, Jumat (1/12), menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan buku daftar alokasi Transfer ke Daerah (TKD), didampingi Kepala Kanwil DJPB Provinsi Bengkulu Bayu Andy Prasetya di Balai Raya Semarak Bengkulu.

Penyerahan DIPA dan TKD Tahun Anggaran 2024 tersebut juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan Instansi Vertikal, Pejàbat dari kabupaten kota serta seluruh kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Dalam penyerahan DIPA dan TKD, Pagu Anggaran untuk Pemerintah Provinsi Bengkulu Tahun 2024 ditetapkan sebesar 16,08 triliun. Hal ini meningkat sebesar 9.24% dari pagu anggaran tahun 2023 yang hanya sebesar 14,72 triliun.

Dari total pagu anggaran 16,08 triliun, rincianya terdapat 5.22 triliun belanja pemerintah pusat dan 10,86 triliun Transfer Ke Daerah (TKD).

Karenanya, Gubernur Rohidin meminta kepada instansi vertikal dan Pemerintah Kabupaten Kota agar segera mempercepat belanja daerah terhitung sejak 1 Januari 2024 mendatang.

“Saya minta percepat membelanjakan anggaran yang sudah diserahkan nanti dikhawatirkan akan ada pemotongan (kalu terlambat belanja). Dan saya mengintruksikan kepada kabupàten kota agar segera menetapkan pejabat tata kelola keuangan mereka sehingga per 1 Januari sudah bisa running dan juga kami minta untuk menggandeng APH,” kata gubernur.

Di sisi lain Kepala Kanwil DJPB Provinsi Bengkulu Bayu Andy Prasetya menambahkan, untuk memperbelanjakan anggaran juga harus mengedepankan akuntabilitas, transparansi dan integritas sehingga sasaran belanja benar-benar tepat untuk ke masyarakat.

“Ini benar-benar harus dieksekusi cepat dan dijaga akuntabilitas transparansi dan penuh integritas dan benar-benar untuk masyarakat,” tutup Bayu. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *