Helmi Menjadi Calon Gubernur Bengkulu, Elektabilitas Tertinggi Hasil Survei MSCI

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com РLembaga survei Media  Survei Center Indonesia (MSCI) merilis hasil survei elektabilitas Calon Gubernur Provinsi Bengkulu, Pemilihan Kepala Daerah 2024. Sejumlah nama figur yang berpotensi maju sebagai bakal calon Gubernur Provinsi Bengkulu, dalam pelaksanaan survei tenggang waktu awal bulan April 2024.

Lima Cagub Provinsi Bengkulu dengan elektabilitas tertinggi, yakni: Helmi Hasan dengan tingkat elektabilitas 50,2%, Rohidin Mersyah 43,2%, Rosjonsya Syahili 13,8%, Agusrin  Najamuddin 8,3%, dan Mian  5,8%.

Hasil survei dirilis Direktur Media Survei Center Indonesia (MSCI), Helmi Panggabean, di Kantor Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN), Rabu (24/4/24).

Metode pengambilan sampel pada kegiatan ini adalah Multistage Random Sampling (MRS). Teknik pengambilan sampel ini dapat menghasilkan sampel yang representatif dari populasi yang kompleks dan heterogen.

Helmi Panggabean menjelaskan, Wawancara dilakukan secara langsung (face to face interviews) dan tatap muka dengan responden terpilih di wawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Besarnya responden yang dispotcheck / diwawancarai ulang atau melalui telepon, sebanyak 20% dari total responden. Responden dalam Survei April 2024, sebanyak 1200 responden yang tersebar di 10 kabupaten / kota se Provinsi Bengkulu, dengan margin error 2,83%.

“Sebutkan nama tokoh ibu/bapak kenal/tahu akan mencalonkan diri menjadi calon Gubernur Prov. Bengkulu pada pilkada mendatang,” kata Helmi.

Sementara itu, Juru bicara sekaligus Ketua DPC PAN Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain, menyampaikan bahwa hasil survei ini merupakan tolak ukur pencalonan  ketua DPW PAN Bengkulu, Helmi Hasan sebagai calon Gubernur Bengkulu pilkada 2024.

“Secara pribadi Ketua DPW belum menyatakan sikap secara resmi akan maju atau tidak, karena sebelumnya dia akan maju kalau PAN mendapatkan kursi 7 anggota DPRD provinsi Bengkulu. Maka hasil survei ini akan kita sampaikan untuk mempertimbangkan agar maju Pilgub. Karena kami baik fungsionalris DPW PAN dan DPD sudah bulat meminta Pak ketua DPW maju,” ujarnya.

Diketahui PAN mampu memperoleh 6 kursi DPRD Provinsi Bengkulu, tentu jumlah tersebut sangat meningkat dibandingkan dengan Pileg sebelumnya yang hanya memperoleh 2 kursi saja.

“Ini sangat masuk akal karena perolehan kursi PAN itu meningkat dari 2 ke 6 pada pileg tahun ini,” pungkas Teuku.

Reporter : Saprian Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *