Jelang Akreditasi, Kapus Linau Selesaikan Program STBM

Kaur, jurnalisbengkulu.com – Jelang Akreditasi bulan oktober mendatang, Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS)  UPTD Linau, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur berbenah layanan kesehatan melalui program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM).

Selain itu Puskesmas Linau juga sudah menyelesaikan program PIS-PK di bulan juli ini. Sedangkan untuk Stunting, wilayah Puskesmas Linau tidak ada desa yang termasuk kategori desa stunting.

Kepala Puskesmas UPTD Linau Rosmita SKM, mengatakan ada empat desa di wilayah Puskesmas Linau yang  sebagian masyarakat belum mempunyai jamban/WC  standard kesehatan.

“Dalam waktu dekat kita akan selesaikan program STBM atau sebelum Akreditasi bulan oktober mendatang dan memang ada empat desa lagi sebagian masyarakatnya belum punya jamban/WC sehat. di wilayah Puskesmas Linau yang belum mempunyai jamban/WC sehat, hal ini karena kebiasaan masyarakat membuang BAB sembarangan ke bibir pantai. Ya ini sudah jadi PR kita untuk mensosialisasikan kepada masyarakat desa yang bersangkutan. Agar tercipatanya kaur sehat 2030,” tutur Rosmita saat di temui di ruang kerja, Sabtu (27/07/2019).

Rosmita juga mengharapakan persoalan kesehatan ini, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Desa.

“Tentu dalam hal ini kita mengharapkan kerjasama dengan Pemerintah Desa di wilayah Puskemas Linau, untuk menciptakan desa sehat. Berkaitan dengan itu kami akan selalu memonitoring setiap bulan. Karna kalau dari puskesmas sendiri hal ini belum tentu terwujud,” tutupnya. [SUMANTRI]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here