Kanwil Kemenkumham Bengkulu Gelar Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan untuk Pemenuhan Hak Warga Binaan

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Dalam upaya mewujudkan pemasyarakatan berkualitas, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bengkulu melalui Divisi Pemasyarakatan menggelar kegiatan Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan di Adeeva Hotel & Convention Bengkulu pada Senin (19/02/24).

Kegiatan ini dimulai dengan laporan ketua panitia oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi, Andi Mulyadi, yang menjelaskan bahwa sosialisasi teknis ini bertujuan meningkatkan kapasitas seluruh jajaran Pemasyarakatan. Tujuannya adalah optimalisasi capaian program kerja dan rencana aksi pemasyarakatan tahun 2024.

Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan Tahun 2024 berlangsung selama tiga hari, diikuti oleh 30 peserta, dengan narasumber dari Direktorat Pembimbingan Kemasyarakatan, Upaya Keadilan Restoratif Pemasyarakatan, BNNK Bengkulu, dan Dinas Sosial Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah, Santosa, yang diwakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Teguh Wibowo.

Dalam arahannya, Teguh Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari janji kinerja tahun 2024. Ini mencakup peningkatan kapasitas petugas Lapas dan Rutan serta sosialisasi mengenai Assesment ISPN, RRI, dan Kriminogenik. Selain itu, Teguh Wibowo menekankan pentingnya kolaborasi Pembimbing Kemasyarakatan dan Pekerja Sosial dalam penyelesaian perkara anak.

“Kegiatan ini harus diikuti dengan baik, sehingga tercapai sesuai dengan output dan outcome yang diharapkan,” tegas Teguh Wibowo. Dia berharap kegiatan ini menjadi wadah konsultasi efektif bagi jajaran Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Bengkulu untuk meningkatkan kapasitas dan menyamakan persepsi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di masing-masing UPT.

Turut hadir dalam kegiatan ini para pejabat struktural Kanwil Kemenkumham Bengkulu dan Kepala Unit Pelaksana Teknis dalam Kota. (RA/ed. MD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *