oleh

Keempat Kalinya, Sergai Raih Juara Umum FSQ Tingkat Provsu

Sergai, jurnalisbengkulu.com – Kontingen Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali meraih juara umum tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2022 pada ajang Festival Seni dan Qasidah (FSQ) yang berlangsung mulai tanggal 26-29 September 2022 di Asrama Haji Medan.

Festival ini diikuti oleh 23 kabupaten/kota serta perguruan tinggi se-Sumut dengan jumlah peserta lebih kurang sebanyak 800 orang. Untuk Kabupaten Sergai mengirimkan sebanyak 58 orang peserta, 10 orang official dan 7 orang pelatih.

“Alhamdulillah Sergai bisa meraih juara umum kembali seperti yang kita raih pada tahun lalu. Ini merupakan kerja keras kita bersama dan tentunya harus dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi,” kata Bupati Sergai H Darma Wijaya melalui Kepala Bagian Kesra Setdakab Sergai Raden Cici Sistiansyah, S.Sos usai menerima penghargaan dari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, pembangunan, Aset dan SDA H. DR. Agus Tripriyono, SE, M.Si, Ak, CA, di Asrama Haji Medan, Kamis (29/9/2022).

Kabag Kesra Raden Cici Sistiansyah menyebut jika Kabupaten Sergai telah sukses memboyong penghargaan ini hingga keempat kalinya secara berturut-turut. Kemudian, lanjutnya lagi, para peserta yang ditetapkan menjadi juara akan melenggang mewakili kontingen Provinsi Sumut untuk mengikuti FSQ tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat pada bulan November tahun 2022 mendatang, bebernya.

Turut hadir dalam acara itu, Anggota DPD RI Provinsi Sumut H. Dedi Iskandar Batubara, S.Sos, SH, M. SP, Ketua MUI Sumut DR. H. Maratua Simanjuntak, Ketua Harian DPW LASQI Sumut DR. H. Sugeng Wanto, S.Ag. M.Ag, Ketua Panitia FSQ tingkat Provinsi Sumut tahun 2022 H. Tuah Sirait, S.Hi, M. Hi dan Praktisi Qasidah Sumut, H. Muin Isma Nasution.

Adapun daerah yang menjadi pemenang dan meraih peringkat 10 besar pada FSQ tingkat Provinsi Sumut yaitu; peringkat pertama diraih Kabupaten Sergai, kedua Kota Medan, ketiga Kabupaten Deli Serdang, keempat Pemko Tanjung Balai, kelima Kabupaten Asahan, keenam Kabupaten Labura, ketujuh Kabupaten Langkat, kedelapan Kabupaten Simalungun, kesembilan Perguruan Tinggi dan terakhir Pemko Sibolga.

Sedangkan cabang yang difestivalkan antara lain; rebana klasik dewasa putra/putri, rebana klasik remaja putra/putri, bintang vokalis dewasa putra/putri, bintang vokalis remaja putra/putri, bintang vokalis anak-anak putra/putri, pop religi dewasa putra/putri, pop religi remaja putra/putri dan pop religi anak-anak putra/putri.

Terpisah, Ketua Umum Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP menyampaikan rasa bangga dan mengucapkan terimakasih kepada para kontingen yang berhasil menjadi yang terbaik di Provinsi Sumut.

“Kepada para kontingen, selamat atas prestasinya. Pemkab Sergai akan terus mendukung kontingan Sergai menuju tingkat nasional. Kobarkan semangat yang tinggi, teruslah berlatih dan harumkan nama Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat di kancah nasional,” harapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dengan prestasi yang telah diraih selama ini tentunya akan menjadi cambuk dan motivasi untuk selalu memberikan yang terbaik. Semoga kita terus mampu mempertahankan predikat juara umum ini.

“Kabupaten Sergai memiliki visi menjadikan masyarakatnya yang religius sesuai yang tertuang dalam Sapta Dambaan (Sapda). Oleh karenanya melalui acara-acara seperti ini, bersama masyarakat kita mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus,” pungkas Sekda Faisal Hasrimy. (Media Center Sergai, M Yamin Nasution )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.