Kental Akan Nilai Budaya dan Perjuangan, Provinsi Bengkulu Sukses Menggelar Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia 2023

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Yayasan Serasi Gantari Indonesia sukses mengadakan puncak Grand Final Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia ke-2 tahun 2023, tingkat nasional dengan tema “The Land Of Rafflesia” di Bengkulu pada Sabtu (04/11/23) malam, acara tersebut di gelar di Avenue Convention Hall Pantai Panjang, Kota Bengkulu. Pemilihan Provinsi Bengkulu sebagai kegiatan tersebut bukan tanpa alasan, karena Provinsi Bengkulu kental akan nilai budaya dan suku serta nilai perjuangan Bangsa Indonesia.

Dalam sambutannya, Gubernur yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Saidirman berharap duta budaya yang terpilih nantinya tak hanya menjadi duta budaya, tapi juga menjadi duta yang merefleksikan kontribusi generasi muda dalam membangun bangsa.

“Apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Pemilihan Putra Putri Budaya Tingkat Nasional dan juga anugrah bagi Provinsi Bengkulu dapat melaksanakan Grand Final ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Tingkat Nasional ke-2 tahun 2023, saya juga ucapkan terima kasih dan rasa bangga atas kepercayaan menjadikan Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah ajang pemilihan duta wisata tahun ini, kata Zainal A Paliwang.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Diplomasi Budaya Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Yusmawati menanggapi Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia sebagai kegiatan yang positif sebagai wadah pengembangan bakat dan penyaluran potensi di bidang budaya anak-anak Indonesia.

“Adapun masukan saya untuk penyelenggaraan selanjutnya karena ini temanya budaya mungkin terkait penyelenggaraan event ini harus dipersiapkan dengan matang lagi, seperti konsep, dan juga misalnya MC karena dari segi penampilan kurang. Saya berharap karena ini tahun kedua dan suatu kewajaran apabila terdapat kekurangan untuk itu tahun selanjutnya akan lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala OJK Perwakilan Bengkulu Tito Adji Siswantoro menanggapi kegiatan ini adalah sebuah kegiatan positif yang bertujuan agar generasi Z atau anak mudah mengenal budaya masing-masing daerah lebih bagus lagi. Selain itu ini sebagai wadah mempromosikan budaya atau adat istiadat dari budaya daerah masing-masing keluar daerah. “Kedepannya mungkin dengan tambahan variasi di kegiatannya dan berharap semua Provinsi dapat ikut,” tuturnya.

Disisi lain Direktur Nasional Putra Putri Kebudayaan Indonesia Reko Serasi sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini, adapun pemilihan Provinsi Bengkulu sebagai tempat Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia ke-2 tahun 2023, dia beranggapan bahwa Provinsi Bengkulu tidak kalah dengan Provinsi lain baik dari segi Pariwisata, Budaya, dan Kental akan nilai perjuangan Bangsa Indonesia.

“Setiap Provinsi memiliki nilai kekayaan, keragaman dan keunikan budaya masing-masing. Tetapi memilih Bengkulu bukan tanpa alasan, Bengkulu merupakan rangkaian sejara penting perjuangan Bangsa Indonesia, memiliki adat dan istiadat beragam, serta menariknya dari setiap kabupaten di Provinsi Bengkulu memiliki dua bahkan tiga suku dan bahasa yang berbeda. Sehingga saya beharap putra putri budaya Indonesia mempunyai peran memperkenalkan setiap budaya Indonesia ke dalam negeri bahkan mancanegara,” pungkas Reko.

Hadir secara langsung Gubernur Bengkulu yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Saidirman, Kepala Diplomasi Budaya Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Yusmawati, Perwakilan Dekranasda Provinsi Bengkulu Yenita Syaiful, Perwakilan Dekranasda Kalimantan Timur, Kepala OJK Perwakilan Bengkulu Tito Adji Siswantoro, Direktur Nasional Putra-Putri Kebudayaan Indonesia Reko Serasi, hadir juga dewan juri dalam acara tersebut Akademisi UMY Ketua Eco Printer Indonesia Puthut Ardianto, Medical Aesthetic Director Binar Beauty Clinik Woman Entrepuener dr. Ike Martyani, dan Putra Pariwisata Indonesia Man Of The World Indonesia Tony Setiyawan.

Adapun sponsor kegiatan ini Pegadaian Syariah, OJK, Binar Beauty Clinik, Syarah Bakery, Es Teh Indonesia, Mercure Hotels Bengkulu, diFitri Florest, Wardah Cosmetic, kerupuk Keite Kaur, Batik Laulis, Lia Kebaya, Amanie, Pageant Empire, Explore Pageant, RB TV, Komunitas MUA Bengkulu, Atik Batik. (Saprian Utama, SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *