Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Minta Masyarakat Awasi Keterbukaan Informasi Pemilu

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Dempo Xler, S.IP, MAP, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, mengajak masyarakat untuk secara aktif mengawal keterbukaan informasi publik, terutama dalam konteks pemerintahan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu). Dempo menekankan pentingnya menyampaikan informasi secara jelas dan transparan, khususnya dalam tahun politik.

“Keterbukaan informasi harus terjaga dengan menyampaikan informasi secara terang benderang, terutama dalam menyelenggarakan Pemilu. Pemerintah memiliki kewajiban memberikan informasi seutuhnya kepada masyarakat,” ungkap Dempo pada Senin (20/11).

Dalam perspektifnya, penyelenggaraan Pemilu memiliki peran vital dalam memberikan informasi kepada masyarakat, memastikan bahwa mereka dapat membuat pilihan pemimpin dan wakil rakyat dengan pemahaman yang baik.

“Penyelenggaraan Pemilu memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan informasi kepada publik dan menyaring informasi yang benar, sehingga tidak terjadi penyimpangan informasi di masyarakat,” tambahnya.

Dempo juga mengingatkan masyarakat untuk bijak dalam menyaring informasi, terutama yang berkaitan dengan calon legislatif dan kepala daerah. Ia mengingatkan agar tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, baik dari sumber perseorangan maupun media luar.

“Dengan banyaknya informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, pemerintah dan penyelenggaraan Pemilu perlu mengatasi masalah ini. Masyarakat juga harus memiliki kemampuan menilai informasi dengan baik,” tegas Dempo.

Sembari mengakhiri pernyataannya, Dempo berharap partisipasi aktif masyarakat dalam mengawal keterbukaan informasi akan memberikan kontribusi positif terhadap kelancaran proses Pemilu dan terwujudnya pemilihan yang adil dan demokratis. (Saprian Utama SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar