Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Soroti Keterbukaan Informasi Publik untuk Pemilu 2024

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Dalam menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, menekankan pentingnya keterbukaan informasi publik sebagai kunci utama untuk menjaga transparansi, memastikan integritas proses, dan memberikan pemilih kemampuan membuat keputusan yang terinformasi.

Dalam acara sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang diadakan oleh Dinas Kominfotik Provinsi, Dempo Xler menyampaikan pandangannya mengenai peran penting Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai penyedia akses informasi.

“KPU, sebagai lembaga penyelenggara, harus memastikan bahwa informasi terkait kemampuan calon disampaikan kepada publik dengan jelas. Mereka memiliki peran krusial dalam memfilter dan menyampaikan informasi sehingga masyarakat dapat membuat keputusan yang cerdas,” ujar Dempo.

Politisi PAN ini juga menekankan perlunya keterbukaan informasi terkait calon Pemilu, dengan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dempo meyakini hal ini akan membantu pemilih untuk membuat keputusan dengan pemahaman yang lebih baik.

“Dengan memberikan informasi yang komprehensif tentang kemampuan calon, kita dapat menghasilkan wakil legislatif dan kepala daerah yang berkualitas sesuai dengan keinginan rakyat,” tambahnya.

Dempo mencatat perbaikan dalam indeks demokrasi di Provinsi Bengkulu, namun mengungkap keprihatinan terhadap kurangnya informasi yang memadai di kalangan masyarakat. Dia menyoroti tanggung jawab besar KPU dalam menyampaikan informasi, terutama untuk mengatasi kecenderungan pemilih yang hanya berdasarkan gambar tanpa memahami kualifikasi calon.(Saprian Utama SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *