oleh

Kurang Perhatian, Masjid Bersejarah Terbengkalai

Bengkulu Tengah, jurnalisbengkulu.com– Siapa yang tak Kenal dengan masjid bersejarah ini yang terletak di pinggir jalan lintasan Barat tepatnya di Desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah yang kondisinya  seperti tak terurus alias Terbengkalai oleh warga sekitarnya.

Melihat kondisi Bangunan masjid Cagar Budaya ini tidak layak lagi, atap bangunan dan pagar masjid ini sudah termakan usia sehingga masjid yang bersejarah ini terkesan kusam dan tidak enak di Padang mata oleh pengunjung yang mau sholat di masjid tersebut.

Menurut salah seorang warga Desa Padang Betuah, Nirwanto, masjid ini seperti tidak di pedulikan oleh Pemerintah setempat maupun Pemerintah Desa.

“Masjid ini kurangnya perhatian pemerintahan setempat baik pemerintah desa maupun kabupaten, sehingga masjid bersejarah ini nampak kusam dengan di samping ia sudah termakan usia,” kata Nirwanto.

“Konon ceritanya masjid Padang Betuah ini dulunya di bangunan oleh  orang-orang sakti terdahulu, karena saat itu masjid Padang Betuah terletak dekat danau Gedang yang terletak pinggir laut Padang Betuah,” ungkap Nirwanto, Selasa (19/02/2019).

Lanjut Nirwanto, Semestinya masjid yang sudah ditetapkan sebagai cagar Budaya ini seharusnya ada perhatian khusus pihak terkait. ini justru  bangunannya seperti terbengkalai dan banyak mengalami kerusakan padahal masjid bersejarah ini arsitek pembangunanya mirip dengan masjid Jamik Kota Bengkulu yang sama memiliki cerita sejarah.

“Sangat di sayangkan masjid Padang Betuah yang memiliki situs sejarah saat ini terlihat kusam dan tak terawat,” tutup Nirwanto. (dek)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.