Lanjutan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Belum Ada Kejelasan, Pemprov Bengkulu Tengah Berupaya Mengusulkan

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu Tengah berupaya untuk membuka jalur ekonomi baru dengan mengusulkan lanjutan pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau.

Adapun sesi pertama yang telah selesai Bengkulu-Taba Penanjung sedangkan sesi lanjutannya yaitu Taba Penanjung-Kepahiang sedang proses pengusulan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso, pada tanggal 31 Oktober 2023.

“Memang kami sedang berupaya mengusulkan ke Kementerian untuk tahap keduanya supaya dilanjutkan dan tatap menjadi prioritas utama nasional karena itu untuk membuka jalur ekonomi baru. Sementara itu memang kita tetapi tunggu seperti apa lanjutan dari pusat. Bahkan sampai pemerintahan baru terutama setelah Pilpres,” kata Tejo.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Herwin Suberhani mengatakan, sangat disayangkan, jika lanjutan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau belum ada kepastian. Maka pemerintah daerah, harus lebih aktif lagi, meminta kepastian pemerintah pusat untuk menganggarkan di APBN.

“Pemerintah daerah harus lebih aktif untuk meminta kepastian lanjutan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau,” ujar Herwin.

Herwin menegaskan, jika lanjutan jalan tol tidak ada kepastian. Maka pembangunan tol Bengkulu-Taba Panjung yang telah beroperasi saat ini, tidak akan meningkatkan ekonomi Bengkulu.

“Tol yang dibangun sekarang itu, sudah banyak uang negara habis. Percuma, dibangun tapi tidak memberikan dampak ekonomi yang signifikan. Maka kita, juga akan ikut mendorong pemerintah pusat, agar bisa masuk lagi dalam prioritas nasional,” tutupnya.

Sementara itu proyek pembangunan jalan tol Bengkulu-LubukLinggau memiliki total panjang sekitar 95 kilometer dan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama, yaitu Bengkulu-Taba Penanjung dengan panjang 17,6 kilometer, sudah selesai dibangun sejak tahun 2022. Namun, sesi kedua, Taba Penanjung-Kepahiang sepanjang 23,7 kilometer, belum terlaksana. (Saprian Utama, SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *