Membangun Ekonomi Daerah bersama Pengusaha Muda

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menyatakan bahwa peran pengusaha sangat penting dalam menggerakkan ekonomi daerah. Menurutnya, kemajuan ekonomi daerah merupakan hasil dari kerja sama antara pemerintah dan para pengusaha. Saat ini, banyak potensi besar yang dapat dikelola secara produktif, akan tetapi, hal tersebut memerlukan kemauan, ketekunan, dan kerja keras. Jika hal ini tidak dilakukan, semua potensi tersebut akan terkubur dan tidak memberikan manfaat apa-apa.

“Saat ini sektor ekonomi didominasi para pelaku usaha. Saya yakin betul peran pengusaha sangat besar dalam menggerakan ekonomi Bengkulu,” ujar Gubernur Rohidin saat menghadiri HUT ke-52 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang diadakan oleh BPD HIPMI Bengkulu di Balai Raya Semarak pada tanggal 15 Juni 2024. Ia juga menambahkan bahwa jika pelaku usaha masih terdiri dari anak muda, itu akan semakin baik, terlebih lagi jika bergerak di sektor ekonomi kreatif yang memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan. Namun, potensi yang dimiliki oleh para pengusaha harus digerakkan melalui ketekunan dan kemauan keras. Karena jika tidak, potensi tersebut tidak akan memberikan manfaat apa-apa.

“Kita bisa saja memiliki potensi yang besar, potensi yang banyak, tetapi jika tidak dikelola dengan baik secara produktif oleh para pelaku usaha, maka potensi tersebut tidak akan memberikan manfaat apa-apa,” jelas Rohidin.

Sementara itu, Ketua Umum BPD HIPMI Bengkulu, Undang Sumbaga, menyampaikan bahwa pendidikan enterpreneurship sejak dini sangat penting. Selain itu, kegiatan yang menyenangkan dapat membangun dasar penting dalam dunia wirausaha, yang nantinya akan menjadi investasi untuk masa depan.

Undang menambahkan, pada HUT ke-52 HIPMI ini, selain merayakan prestasi organisasi, juga bertujuan untuk memperkuat komitmen dalam membentuk generasi muda yang memiliki jiwa enterpreneur sejak dini. Selain itu, melalui kegiatan-kegiatan tertentu, HIPMI Bengkulu berusaha untuk membangun potensi generasi muda yang siap menghadapi tantangan global di masa depan dan siap berwirausaha. HIPMI Bengkulu juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui program-program yang menjalin kerjasama antara pelaku usaha, pemerintah, dan masyarakat.

“Ini merupakan malam puncak perayaan dengan berbagai kegiatan, salah satunya pemberian penghargaan kepada kader HIPMI di Bengkulu yang telah berjasa memajukan organisasi dan mendukung perkembangan ekonomi daerah. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi mereka selama ini,” tutup Undang.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi menetapkan tanggal 10 Juni sebagai Hari Kewirausahaan. Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri langsung HUT ke-52 HIPMI di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin, 10 Juni.

Redaksi