Memperingati HUT ke-52 Korpri, Dempo: Profesional dan Inovatif ASN Dibutuhkan Masyarakat

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, menyoroti pentingnya profesionalisme ASN dalam setiap hal terutama menjelang tahun Pemilu. Serta ASN dituntut harus inovatif dan bekerja lebih cepat agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Dempo Xler dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke-52 di Bengkulu, Rabu (29/11).

“Seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Bengkulu agar tetap netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Karena netralitas ASN bukan hanya selogan belaka tetapi kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan harus diimplementasikan dalam praktik ,” ungkap Dempo.

Selain itu Ia menjelaskan, sanksi pidana bagi ASN yang melanggar netralitas pemilu seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Serta ia meminta kepada Kepala Daerah untuk tidak cawe-cawe terhadap ASN di pemilu mendatang dan segera membentuk Tim pengawas ASN yang terlibat politik praktis.

“Sanksinya bisa berupa teguran lisan, teguran tertulis, penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun, atau pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil,” ungkap Dempo.

Disisi lain Dempo juga menyoroti pejabat eselon II, harus didominasi oleh anak muda. Hal ini bertujuan agar kinerja ASN bisa lebih fleksibel dan adaptif dengan perkembangan zaman. “Anak muda lebih kreatif dan inovatif untuk agen perubahan membawa kemajuan bagi Provinsi Bengkulu,” kata Dempo.(Saprian Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *