Pastikan Lapas/Rutan Beri Layanan Terbaik, Kakanwil Tinjau Lapas Kelas IIA Bengkulu Dan Rutan Kelas IIB Bengkulu

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu (Kemenkumham Bengkulu), Santosa meninjau pelaksanaan layanan pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkulu dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bengkulu, Jumat (07/06/2024)

Diawali peninjauan ke Lapas Kelas IIA Bengkulu, kemudian Rutan Kelas IIB Bengkulu. Pada kesempatan pertama Kakanwil melakukan peninjauan ke lapangan tempat renovasi dapur sehat yang dicanangkan Lapas Kelas IIA Bengkulu. Kakanwil Bengkulu mengapresiasi kinerja kalapas Bengkulu dalam hal perwujudan dapur sehat yang juga menjadi fokus seluruh jajaran di tahun 2024.

Di dampingi kalapas, Yuniarto, kakanwil Bengkulu juga langsung masuk ke dalam bangunan gedung dan melakukan komunikasi pada pekerja yang sedang menyelesaikan pekerjaan, dan dalam waktu dekat dapur sehat akan selesai pengerjaanya. Untuk diketahui, rencananya dapur sehat yang masih dalam proses pengerjaan ini akan mengundang direktur jenderal pemasyarakatan pada peresmian yang akan di laksanakan saat dapur telah rampung pengerjaanya.

Selanjutnya Kakanwil meninjau Rutan Kelas IIB Bengkulu langsung menuju Sub Seksi Pelayanan Tahanan pada kesempatan ini Kakanwil, didampingi oleh Plh. Kepala Rutan, Hengki Haloan dan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Ganang berdialog dan berbincang dengan pegawai pengelola SDP terkait data Tahanan atau Warga Binaan Rutan Bengkulu.

Kakanwil juga menyempatkan diri untuk langsung meninjau beberapa blok serta berdialog dengan beberapa warga binaan yang kala itu tengah menikmati istirahat di dalam kamar blok. Dalam dialog tersebut Kakanwil menanyakan tentang berapa lama masa tahanan yang dijalani para warga binaan serta pelayanan dan pembinaan apa saja yang telah diberikan oleh petugas Rutan Kelas IIB Bengkulu.

Kakanwil juga berpesan kepada para warga binaan di masing-masing blok agar dapat mengambil hikmah dan menjadikan pelajaran yang berharga, jalani hukuman dengan sabar dan Ikhlas serta tingkatkan ibadah dan berdo’a, bulatkan tekad jangan sampai Kembali masuk ke Rutan Bengkulu. “jaga lingkungan Rutan Bengkulu agar selalu dalam keadaan aman, kondusif dan terkendali” Pungkas Kakanwil (RA/ed. MD)