Pemerintah Provinsi Bengkulu Buka Kembali Program Beasiswa Bengkulu Leadership Tahun 2024

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Pada tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mengumumkan pembukaan kembali program Beasiswa Bengkulu Leadership. Program ini ditujukan untuk 10 siswa/siswi yang merupakan ketua OSIS SMA/SMK/Madrasah se-Provinsi Bengkulu.

Bengkulu Leadership Program, inisiatif yang digagas oleh Gubernur Bengkulu, bertujuan untuk menciptakan generasi muda Bengkulu yang berkualitas di masa depan. Program ini memberikan peluang kepada seluruh Ketua OSIS SMA/MA/SMK se-Provinsi Bengkulu untuk mengikuti seleksi. Dari hasil seleksi tersebut, 10 peserta terbaik akan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi ternama di Indonesia seperti UI, UGM, dan UNIB.

Dalam tanggapannya, anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Sumardi, menyampaikan apresiasi terhadap program ini. Dia berharap program Beasiswa Bengkulu Leadership dapat terus berlanjut hingga tahun 2029.
“Kita juga mendorong Gubernur Bengkulu untuk membuat Peraturan Daerah (PERDA) yang mengatur secara resmi mengenai Beasiswa Bengkulu Leadership, agar program ini dapat berkelanjutan,” sampai Sumardi.

Terkait hal ini, Sumardi menyatakan harapannya agar program tersebut tidak hanya berfokus pada siswa Ketua OSIS, tetapi juga memperhatikan siswa yang tidak mampu secara ekonomi tetapi berprestasi secara akademik.
“Saya juga mengusulkan kepada Gubernur Bengkulu agar membuat kebijakan untuk menjadikan semua tingkat pendidikan menjadi gratis,” ujar Sumardi.

Selain itu, Ia menegaskan pentingnya menindak tegas kepala sekolah yang menyimpang dan tidak mentaati aturan, terutama terkait pungutan yang tidak sesuai ketentuan. Dia berharap instruksi dari PERDA dan aturan yang akan dikeluarkan oleh Presiden baru yang akan dilantik, Prabowo dan Gibran, dapat memberikan kepastian dan penegakan hukum yang tegas dalam dunia pendidikan.(Saprian Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *