Pemprov Bengkulu Rencanakan Pengembangan Taman Wisata Alam Danau Dendam Tak Sudah

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Gubernur Bengkulu, Prof. Dr. H. Rohidin Mersyah, mengungkapkan rencana besar Pemerintah Provinsi terkait penataan Taman Wisata Alam (TWA) Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) di Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu. Pada peresmian jembatan elevated DDTS, Rabu (20/12), Rohidin menyatakan bahwa pembangunan jembatan tersebut adalah bagian dari upaya penataan DDTS yang memasuki tahun kedua.

“Tahun pertama kami melaksanakan pembebasan lahan, dan tahun kedua atau tahun ini, kami melakukan pembangunan fisik dan pematangan lahan. Alhamdulillah, tahun ini jembatan elevatednya kami resmikan,” ungkap Rohidin.

Rohidin menjelaskan bahwa Balai Wilayah Sungai Sumatera VII Bengkulu dan instansi lainnya akan memulai penataan pintu air serta perencanaan dan pengawasan di sekitar DDTS pada tahun depan. “Kami akan memulai pembebasan lahan untuk pembangunan kolam retensi. Kolam retensi ini menjadi sarana penting untuk mengatasi bencana banjir di Kota Bengkulu,” tambahnya.

Gubernur Rohidin menegaskan bahwa penataan DDTS tidak hanya berfokus pada wisata, tetapi juga pada penanggulangan banjir. DDTS akan menjadi center poin yang terintegrasi dengan pembangunan kolam retensi, menciptakan dampak positif dan optimalisasi sumber daya.

Kadis PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso, ST, M.Si, mengumumkan bahwa jembatan elevated DDTS telah dibuka untuk umum setelah diresmikan. “Pengerjaan total mencapai 2 KM dengan badan jembatan sepanjang 450 meter. Saat ini tengah berjalan pematangan lahan untuk penataan lanjutan,” ujarnya.

Tejo menambahkan bahwa penataan lanjutan melibatkan Kementerian PUPR dengan realisasi yang diharapkan mulai Juni 2024. Dana untuk pembangunan lanjutan berasal dari APBN, mencakup pintu air, dermaga, dan sarana penunjang di kawasan DDTS.(Saprian Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *