Perempuan Rembang Menuju Perikanan Berkelanjutan

Di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, sekelompok perempuan mengadvokasi perikanan rajungan yang lebih berkelanjutan, mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. Para perempuan ini memegang peran penting dalam perikanan rajungan, dari persiapan hingga penjualan hasil tangkapan. Selain itu, mereka juga mengadvokasi praktik-praktik berkelanjutan, seperti tidak menangkap rajungan kecil atau yang bertelur, untuk memastikan kelestariannya.

Melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh Coral Triangle Center (CTC) dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang sejak 2023, perempuan-perempuan ini diberdayakan menjadi juara lokal dalam perikanan rajungan. Mereka mengikuti berbagai pelatihan, termasuk tentang penangkapan ikan berkelanjutan, membangun bisnis lokal yang berkelanjutan, dan memperkuat kepemimpinan mereka. Pada April 2024, beberapa dari mereka berpartisipasi dalam Pertukaran Pembelajaran Perempuan Indonesia untuk Perikanan dan Konservasi Laut di Bali.

Program CTC juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknologi perikanan, metode produksi, serta manajemen keuangan dan pemasaran bagi perempuan nelayan. Dengan keterampilan baru ini, para perempuan melatih dan memberdayakan sesama nelayan rajungan di Rembang, meningkatkan penghidupan mereka dan partisipasi dalam pasar. Mereka juga menginisiasi berbagai kegiatan lokal, seperti kebersihan desa dan usaha kecil, sambil meningkatkan kesadaran akan pentingnya habitat rajungan yang sehat.

Program CTC selama dua tahun membuktikan bahwa perempuan yang diberdayakan dapat menjadi agen perubahan. Peningkatan peran perempuan dalam perikanan rajungan selaras dengan kebijakan ekonomi biru Indonesia, yang mengakui kontribusi penting perempuan dalam sektor ini. Peran mereka diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi biru yang berkelanjutan di Indonesia.