Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Dempo: Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi Harus Diperhatikan

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Negara harus menunjukkan komitmennya untuk memberikan perlindungan menyeluruh kepada penyandang disabilitas terutama fokus pada pendidikan, kesehatan, dan peningkatan ekonomi. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, S.IP, M.AP., dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional, Minggu (03/12).

Menanggapi isu pendidikan, Dempo menekankan kewajiban pemerintah daerah untuk memastikan akses pendidikan yang setara bagi penyandang disabilitas, sehingga mereka dapat memiliki tingkat pengetahuan yang sebanding dengan masyarakat umum.

“Begitupun dengan kesehatan. Berikan fasilitas kesehatan yang sama. Tidak boleh ada pembeda,” bebernya.

Pentingnya inklusi di sektor ekonomi juga menjadi sorotan. Dempo menyatakan bahwa setiap perusahaan dan pemerintah harus membuka peluang kerja yang sesuai dengan keahlian penyandang disabilitas. Ia mencatat bahwa masih ada perusahaan yang belum membuka pintu bagi mereka, dan pemerintah perlu memberikan upaya serius untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan.

“Mengenai masalah akses disabilitas ruang publik, saya mengingatkan agar pemerintah memastikan fasilitas yang ramah disabilitas seperti tangga khusus, kursi roda, dan lainnya.

“Boleh dicek. Masih banyak ditemukan, ruang publik yang tidak ramah dengan disabilitas. Ini catatan penting, tidak boleh lagi ada fasilitas publik yang tidak ramah dengan penyandang disabilitas,” tuturnya

Dalam konteks perlindungan anak, Dempo merujuk pada Perda nomor 5 tahun 2018 tentang penyelenggaraan perlindungan anak yang telah disahkan oleh DPRD Provinsi Bengkulu. Ia menegaskan bahwa peraturan tersebut harus benar-benar diimplementasikan untuk melindungi anak-anak dari kekerasan dan bullying, serta memberikan kontribusi positif dalam pemenuhan hak anak secara menyeluruh.

“Kita harap, perda yang sudah ada ini benar-benar direalisasikan ditengah-tengah masyarakat,” Pungkasnya.(Saprian Utama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *