Pesan Harian UJH : Atas ke Bawah Bawah ke Atas Lagi

Bertemu kembali dengan teman-teman lama yanv sekian lama terpisah ternyata bermacam-macam karakternya. Ada yang langsung meluk dengan pelukan yang terasa luar biasa hangat dan rindunya. Ada yang bersalaman lalu berpelukan. Ada yang bersalaman saja. Ada yang cuek dan menyapa seadanya. Pernah pula mungkin pura-pura tidak kenal lagi.

Bisa jadi juga saat bertemu teman lama yang dia melihat seseorang kita dari atas ke bawah, lalu dari bawah ke atas ke bawah lagi. Pernah kah kita melihat atau mengalami orang-orang seperti itu? dan kemudian membandingkan bawah dirinya lebih hebat, diri lebih berada, dirinya lebih berilmu, dirinya lebih sholeh dibanding kita atau orang lain. Ketahuilah bahwa itu bagian dari sombong.

Oleh karenanya bila bertemu sahabat atau teman lama. Berlaku biasa sajalah. Walaupun kita punya banyak kelebihan tetap jaga perasaan teman. Sebab, Allah amat benci dengan orang-orang yang berlaku sombong.

Firman Allah, Lukman 18


وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍۚ
Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.

Pagar Dewa, 09112023
Salam Ujh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *