Pesan Harian UJH : Berbisnislah Tetapi Tetap Beretika

RELIGI471 Dilihat

Menjalankan bisnis dengan berbabagai jenis usaha, bermacam sistem bisnis asal halal dan sesuai aturan adalah sah dan halal. Bila kita berjibaku dengan satu atau berbagai produk tak masalah asal tetap beretika.

Sebab, orang membeli atau ikut bisnis yang kita tawarkan belum yang bersangkutan tertarik dengan produk kita. Bisa jadi karena hubungan keluarga, mungkin karena pertemanan dan persahaban, pun mungkin coba-coda dan tidak mustahil karena cuma ingin membantu kita. Dan bisa juga karena benar-benar ingin berbisnis.

Nah, sebagai pebisnis, pemasar produk atau apa saja yang kita lakukan. Coba lah tetap beretika. Jangan karena bisnis bermasalah lalu rusak pula hubungan keluarga lantaran mulut yang berucap tak lagi menghargai norma. Jangan pusing kita akibat desakan konsumen karena bisnis tersendat kita tidak lagi mampu membeda antara konsumen dan sahabat. Jangan melukai teman dengan membanding-banding antara sahabat yang satu dengan yang lain. Hidup ini cuma sementara. Rezeki setiap manusia pasti ada dalam jaminan Allah tetapi luka karena kata-kata sumpah serapah pada siapapun juga adalah zalim pada sesama. Tunggu saja balasan Allah. Rasulullah SAW bersabda
وَاتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُومِ فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الله حِجَابٌ
”Dan berhati-hatilah terhadap doa orang yang terzalimi, karena tidak ada penghalang antara doanya dengan Allah”.
(H.R. Bukhori dan Muslim)

Pagar Dewa, 20122023
Salam Ujh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *