Pesan Harian UJH : Bersihkan Hati Menjelang Ramadhan

Meskipun pemerintah belum memutuskan kapan mulai melaksanakan puasa Ramadhan tetapi secara kasat mata kita bisa melihat bulan di ujung malam yang semakin mengecil itu pertanda Sya’ban akan berlalu dan Ramadhan akan tiba. Kita akan bertemu bulan yang luar biasa, sehingga disebut dengan penghulu bulan.

Salah satu kunci menghadapi Ramadhan adalah dengan membersihkan hati dan pikiran. Membersihkan jiwa agar lurus bertauhid. Agar tidak menyimpang niat dan tujuan puasa. Salah satu cara membersihkan hati, jiwa dan pikiran adalah dengan memaafkan semua yang pernah bersalah pada kita. melapangkan dada.

Sebab, selama hidup dan bermasyarakat sebagaimana layaknya kehidupan. Ketahuilah bahwa, kita tidak ditakdirkan untuk disukai semua orang. Mungkin ada yang benci pada kita. Maka, biarlah yang benci dengan alasan-alasannya sendiri. Rasanya tidak perlu dan jangan berusaha menyakinkan mereka, sebab dia akan tetap lebih yakin pada kebenciannya. Yang terpenting adalah menjaga diri kita agar jangan membenci siapapun. Sebab siapa tau suatu saat kita butuh dan perlu pada orang yang kita benci. Hal ini berdasar firman Allah Ta’ala:
وَالَّذِيۡنَ يُؤۡذُوۡنَ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَالۡمُؤۡمِنٰتِ بِغَيۡرِ مَا اكۡتَسَبُوۡا فَقَدِ احۡتَمَلُوۡا بُهۡتَانًا وَّاِثۡمًا مُّبِيۡنًا
“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.” (QS: al-Ahzab:58).

Pagar Dewa, 08032024
Salam Ujh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *