Pesan Harian UJH : Cara Balas Budi

Ada saja orang yang tidak tahu balas budi. Hanya saja mungkin jumlahnya tidak banyak. Justru yang banyak adalah merasa berhutang budi dan tidak tahu bagaimana cara membalasnya.

Jika memang kemampuan kita amat sangat terbatas buat membalas jasa baik orang yang telah membantu kita dalam berbagai hal. Mungkin memberikan peluang kerja, bisa jadi membantu modal. Pun bisa juga dalam hal pengobatan, menumpang tempat tinggal, tempat usaha semua dengan cuma-cuma. Adalah hutang jasa yang tak ternilai harganya.

Bagaimana membalasnya? Jika dengan perbuatan yang sama kita tidak mampu membalas. Maka, panjangkan tangan kita buat mendoakan orang-orang yang telah berjasa baik kepada dengan bermunajat kepada-Nya agar Allah senantiasa melindungi, merahmati, memberkahi dan senantiasa melimpahkan kesehatan serta rezeki yang tak terputus. Abu Darda RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,
دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ
“Doa seorang muslim yang diperuntukkan kepada saudara (seiman)-nya dengan tidak memperlihatkannya adalah mustajabah, di atas kepadanya ada malaikat yang bertugas setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudara (seiman)-nya, maka malaikat tersebut mengatakan, ‘Semoga dikabulkan dan bagimu seperti apa yang diucapkan.’”

Pagar Dewa, 04122023
Salam Ujh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *