Pesan Harian UJH : Evaluasi Buku Kegiatan Ramadhan (Bagi Guru)

Hampir semua sekolah dasar baik SD maupun MI menjelang Ramadhan dibagikan buku kegiatan Ramadhan. Format buku tersebut adalah memuat segala aktivitas anak selama bulan Ramadhan, bukti tersebut berupa paraf orang tua, ustadz atau imam shalat, catatan ringkasan kultum atau kuliah subuh.

Dari tahun ke tahun formatnya sama. Tentang paraf imam, ustadz dan orang tua full terisi semua tetapi anak tidak tau apa hasil, berapa nilai dan tindak lanjut dari buku kegiatan Ramadhan tersebut. Hal ini membuat anak berfikir bahwa buku kegiatan Ramadan yang mereka isi tidaklah penting dan hal yang paling utama adalah mengisinya. Lemahnya arahan dari guru membuat siswa menganggap enteng buku kegiatan Ramadan yang mereka dapatkan.

Oleh karena itu, rasanya perlu ada kajian ulang terkait dengan buku kegiatan Ramadan yang diedarkan supaya diisi sesuai kegiatan yang dilakukan dan sebagai media evaluasi bagi orang tua, guru, maupun siswa. Hingga Ramadhan 1445 Hijriah ini anak tau berapa nilai, apa catatan guru dari buku tersebut. Sehingga jangan sampai buku kegiatan Ramadhan masih sama saja dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pagar Dewa, 05042024
Salam Ujh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *